Daerah

PNM Resmikan Kampung Madani Terusan Dorong Kemajuan UMKM

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 23/12/2022 12:05 WIB

Kepala Divisi PKU PT PNM Lusiana secara simbolis menyerahkan bantuan TJSL PT PNM kepada Asisten Ekonomi, Kesra dan Pembangunan Setda Mempawah Rohmat Effendi, yang mewakili Bupati Mempawah, usai peresmian Kampung Madani Terusan, Rabu (21/12/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Distra

Jakarta, INDONEWS.ID - Kelurahan Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, resmi ditetapkan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), sebagai salah satu Kampung Madani di Indonesia.

Peresmian Kampung Madani Terusan dilakukan Asisten Ekonomi, Kesra dan Pembangunan Setda Mempawah Rohmat Effendi, yang mewakili Bupati Mempawah Erlina, Rabu (21/12/2022).

Yakni, ditandai dengan pemotongan pita Gapura Kampung Madani dan penandatangan prasasti yang berlokasi di Sekretariat P2MKP Kawan Sejati Kelurahan Terusan oleh Rohmat Effendi.

Hadir menyaksikan Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) PT PNM Lusiana, Ketua DPRD Mempawah Ria Mulyadi, serta Kapolres Mempawah yang diwakili Kasat Binmas Iptu Imam Widhiatmoko.

Lusiana mengungkapkan Kampung Madani merupakan program unggulan PT PNM untuk mendorong potensi lokal desa/kelurahan agar dapat dikembangkan secara mandiri dan dikenal masyarakat luas.

“Dan kehadiran PT PNM di sini selain mendorong peran UMKM, juga membantu satu ekosistem yang memiliki kebermanfaatan holistik, tak hanya bagi nasabah tetapi juga lingkungan sekitar,” jelasnya.

Selain peresmian Kampung Madani, imbuh Lusiana, pihaknya juga menggelar program pelatihan klasterisasi sektoral olahan hasil perikanan air tawar, serta pelatihan literasi keuangan bagi para nasabah.

“Ada dua kegiatan pelatihan yang kita gelar, meliputi pengolahan ikan air tawar, serta literasi keuangan supaya ibu-ibu bisa menyisihkan penghasilannya untuk menabung, termasuk kami ajarkan juga terkait izin usaha,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, PNM dalam program ini juga membuka ruang pintar untuk memfasilitasi anak-anak dari para nasabah dan masyarakat Kelurahan Terusan untuk kegiatan belajar guna menambah pengetahuan.

“Jadi ruang pintar ini juga bisa dimanfaatkan para anak-anak yang orangtuanya bekerja di sektor budidaya ikan air tawar di sini. Jadi mereka dapat memanfaatkan waktu untuk hal-hal positif,” katanya.

Asisten Ekonomi, Kesra dan Pembangunan Setda Mempawah Rohmat Effendi atas nama Pemkab Mempawah menyambut baik dengan terbentuknya Kampung Madani di Kelurahan Terusan.

Apalagi, imbuhnya, terbentuknya kampung ini, juga dirangkai dengan pelatihan-pelatihan yang bermanfaat bagi peningkatkan SDM masyarakat, khususnya para pembudidaya ikan air tawar di Kelurahan Terusan.

“Dengan adanya pelatihan ini masyarakat terutama ibu-ibu pengolah hasil perikanan bisa memanajemen keuangan, serta mampu mengolah hasil perikanan menjadi komoditi bernilai ekonomis tinggi,” ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Rohmat juga mengapresiasi PT PNM yang dalam kesempatan ini turut menyalurkan program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) Perusahaan di Kabupaten Mempawah.

“Apresiasi dari kami, selain untuk PNM juga kepada BUMN lainnya yang beroperasi di Kabupaten Memawah karena selalu rutin menyalurkan TJLS Perusahaan atau CSR untuk kepentingan dan kesejahteraaan masyarakat,” tutupnya.

Peresmian Kampung Madani juga dirangkai dengan penyerahan bantuan TJSL PT PNM, penyaluran pinjaman pendanaan UMK tahap II dari PT ANTAM Tbk, serta peninjauan mini bazar produk nasabah dan ruang pintar.

Sebagai informasi, hingga 30 November 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 162,92 T kepada Nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13,5 juta Nasabah.

Saat ini PNM memiliki 4.138 kantor layanan PNM Mekaar dan 638 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, dan 5.640 Kecamatan.*(Suarakalbar)

Artikel Terkait