Bisnis

Musyawarah Nasional II Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (HIPMIKIMDO)

Oleh : luska - Minggu, 25/12/2022 21:38 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - HIPMIKIMDO, kependekan dari Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia merupakan organisasi payung pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia yang berjumlah sekitar 9,7 juta pelaku usaha, yang dikoordinasikan oleh 34 Pengurus DPD HIPMIKIMDO Provinsi di seluruh Indonesia.

Musyawarah Nasional tahun 2022 kali ini merupakan Musyawarah Nasional yang kedua setelah pelaksanaan Munas HIPMIKIMDO pertama pada tahun 2017 lalu di Jakarta.

Sebagaimana kegiatan suatu organisasi umumnya, Munas atau Musyawarah Nasional II ini memiliki 
kekuatan hukum dan kedaulatan demokrasi tertinggi di semua forum pertemuan tingkat nasional dilingkungan HIPMIKIMDO. Karenanya DPD Provinsi menyambut baik pelaksanaan MUNAS II ini, mengingat terdapat beberapa missi nasional organisasi yang harus dicapai, diantaranya, pertanggung jawaban Pengurus DPP HIPMIKIMDO masa bhakti 2017 – 2022, Penyusunan Program Kerja, Pembahasan keorganisasian HIPMIKIMDO dan pembahasan aspek yang berhubungan dengan 
operasionalisasi penggalangan aspek keuangan dalam mendukung gerak Langkah pengurus 
HIPMIKIMDO masa bhakti 2022 – 2027 mendatang.

MUNAS II HIPMIKIMDO 2022, berlangsung sejak tgl. 18 – 21Desember 2022, dihadiri oleh 17 Utusan  DPD HIPMIKIMDO Provinsi se Indonesia yang berjumlah 26 orang, diikutijuga oleh Peninjau sebanyak 70 orang, dan 5 Utusan DPD Provinsi yang menyatakan turut menyetujui apapun yang diputuskan oleh Forum MUNAS II HIPMIKIMDO, mengingat dengan berbagai alasan ke lima DPD HIPMIKIMDO tersebut tidak dapat hadir secara fisik di forum MUNAS II. Tetapi mengikuti secara online perhelatan Akbar MUNAS II HIPMIKIMDO tersebut.

Kegiatan MUNAS II HIPMIKIMDO diikuti oleh sekitar 110 orang Peserta, Peninjau dan Undangan lainnya. Diresmikan oleh Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM setelah  mendengarkan pengarahan Bapak Menteri Koperasi dan UKM RI melalui Video Tapping.

Selain dihadiri oleh Pejabat Kementerian Koperasi dan UKM, MUNAS II HIPMIKIMDO ini juga dihadiri 
oleh Pejabat Kementerian Desa, dan BUMN yang menjadi pendukung kegiatan ini seperti Pertamina 
Patra Niaga, BPJS Ketenagakerjaan, PT. Pegadaian, Bank BNI dll.

Setelah kegiatan diresmikan oleh Deputi Kementerian Koperasi dan UKM RI, dilanjutkan dengan presentasi Anggota DPR RI Komisi X dan dilanjutkan dengan Laporan Pertanggung Jawaban DPP HIPMIKIMDO Masa Bhakti 2017 – 2022, diwakili oeh Ir. Nunu Juhana, MBA, CFM, CFMA, CHCM, CETP. Dan forum menyatakan menerima pertanggung jawaban tersebut secara bulat tanpa catatan.
Selanjutnya setelah melampaui beberapa agenda pembahasan Sidang Komisi Organisasi, Program dan Keungan. Disepakati memunculkan Bakal Calon Ketua Umum untuk masa bhakti 2022 – 2027. Setelah melalui proses ketat, berliku dan hujan interupsi akhirnya diadakan pemungutan suara untuk memilih Ketua Umum DPP HIPMIKIMDO Masa Bhakti 2022 – 2027 dari dua Calon Kuat yang terdiri dari M. Rosyid Ketua DPD HIPMIKIMDO Provinsi Lampung dan Ketua Umum DPP HIPMIKIMDO periode 2017 – 2022 Ir. Nunu Juhana, MBA.

Dengan demikian terpilihlah Ir. Nunu Juhana, MBA, CMA, CFRM, CHCM, CETP sebagai Ketua Umum
HIPMIKIMDO masa bhakti 2022 – 2027. Setelah dalam penghitungan suara yang cukup alot 
mengungguli pesaing ketatnya M. Rosyid.

Dalam sambutan singkat nya Ketua Umum DPP HIPMIKIMDO terpilih menitik beratkan penajaman 
peran DPP HIPMIKIMDO akan lebih diarahkan kepada peningkatan kualitas SDM dan manajemen 
pengelolaan UMKM dengan mempersiapkan program-progran peningkatan kapasitas SDM dan Pola pengelolaan manajemennya, kemudian membentuk KLINIK UMKM HIPMIKIMDO yang diasuh oleh para pakar kegiatan UMKM, selainmemberikan oaching kepada pelaku UMKM dalam bidang marketing.

Artikel Terkait