Nasional

Year of the Rabbit dan Aksi Bersedekah OSIS SMP Permai

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 26/01/2023 08:59 WIB

Oleh Yustina Maria Ndia*)

Jakarta, INDONEWS.ID - Year of the Rabbit atau biasa disebut tahun kelinci memiliki makna tersendiri bagi bangsa Thiongho. Dalam sejarah kalender China, tahun kelinci diartikan sebagai tahun yang mengandung elemen air.

Selama tahun kelinci ini, bangsa China atau Tionghio meyakini mereka akan mendapat “berkah kesuksesan dan kedamaian” dalam setiap usaha dan perjalanan hidupnya.

Pada perayaan Tahun Baru Imlek 2023--yang merupakan perayaan terpenting bangsa Tionghoa, siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Permai, Pluit, Jakarta diajarkan bagaimana mewujudkan kesuksesan dan konsep kedamaian di lingkungan sekolah.

Hal ini diwujudkan melalui agenda Organisasi Intra Sekolah (OSIS) dengan melibatkan siswa-siswi SMP Permai yakni bersedekah dengan cara menyerahkan beberapa bingkisan Imlek kepada para Office Boy (OB) dan Satpam di lingkungan Sekolah Permai.

Kegiatan yang diyakini dapat menumbuhkan dan memupuk semangat tahun kelinci pada seluruh siswa/i ini digelar pada Rabu, 25 Januari 2023 di Lingkungan SMP Permai.

Di balik aksi ini, ada semangat dan keyakinan bahwa setiap anak memang harus diajarkan bersedekah sejak dini. Bahkan sebelum anak itu masuk sekolah, sudah seharusnya diajarkan oleh orang tuanya untuk senantiasa berbuat baik kepada siapapun.

Kegiatan berbagi ini mendapat sambutan antusias dari para siswa/i. Hal ini terlihat ketika mereka bersama-sama membuat atau membungkus parcel. Berbagai dukungan mereka perlihatkan satu-persatu sesuai dengan kreasinya masing-masing. Hasil kreasi mereka merupakan bukti adanya kesadaran dari dalam diri tentang pentingnya berbagi.

“Berbagi itu indah. Kita juga dituntut untuk menerapkan sistem pelajar pancasila. Dalam kegiatan tadi ada kerja sama, gotong-royong, meningkatkan kreativitas siswa, dan yang paling penting mengajarkan pada kita bagaimana berbagi,” ujar Wakil Bendahara OSIS SMP Permai yang akrab disapa Fayola.

Mengasah Kreativitas dan Tanggung Jawab

Selain berbagi, kegiatan ini juga bertetujuan untuk mengasah kreativitas siswa. Hal ini diakui oleh Tammy selaku Ketua OSIS SMP Permai. Menurutnya, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam membangun komunikasi antara sesama.

“Ide ini diusung oleh anak-anak OSIS di bawah bimbingan Kepala Sekolah dan Bapak Christana sebagai Pembina OSIS. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam membangun komunikasi antar siswa. Selain itu siswa juga tidak bosan karena hanya mengerjakan tugas- tugas sekolah saja,” ujarnya saat diwawancarai.

Tak hanya itu, siswa juga diajarakan pola hidup bersih dengan diberi tanggung jawab membereskan perlengkapan atau pernak-pernik yang mereka bawa saat menghias parcel dan kelas. Mereka juga berinisitiaf untuk bergotong-royong memungut sampah yang ada di lantai kelas masing- masing.

Kegiatan ini tentu tidak terlepas dari dukungan Yayasan Pendidikan Permai (YPP), Kepala Sekolah, Guru-guru, Para Wali kelas serta Putra-putri OSIS SMP Permai yang saling bersinergi untuk menyukseskan acara Year of the Rabbit.

Semoga agenda ini menjadi momen yang berguna bagi kita terutama dalam menumbuhkan kesadaran di dalam diri kita, juga bagi para siswa-siswi, dan menjadikan ini sebagai sebuah kebiasaan serta ajaran yang baik untuk diterapkan pada lingkungan SMP Permai dan masyarakat sekitarnya.

*) Yustina Maria Ndia adalah staf pengajar di SMP Permai milik Yayasan Pendidikan Permai (YPP), Pluit Jakarta

Artikel ini telah tayang di BULIR.ID dengan judul "Year of the Rabbit dan Aksi Bersedekah OSIS SMP Permai" https://bulir.id/year-of-the-rabbit-dan-aksi-bersedekah-osis-smp-permai/

 

Artikel Terkait