Nasional

Wow! Gautam Adani Tak Lagi Jadi Orang Terkaya Asia Usai Kekayaannya Hilang Rp600 T dalam Sepekan

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 04/02/2023 12:57 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Gautam Adani tampaknya harus melepas posisinya sebagai orang terkaya di Asia kepada miliuner India lainnya. Gautam Adani harus menelan pil pahit, di mana harga saham perusahaannya terus anjlok menyusul tuduhan penipuan yang dilontarkan oleh Hindenburg Research .

Melansir dari CNN, dalam penyelidikan yang diterbitkan Selasa lalu, Hindenburg Research menuduh kelompok port to power Adani melakukan manipulasi saham dan skema penipuan akuntansi selama beberapa dekade.

Adani Group mengecam laporan itu sebagai tuduhan tidak berdasar dan jahat. Dia mengatakan sedang mempertimbangkan tindakan hukum, tetapi reaksi pasar sangat brutal dan tanpa henti.

Konglomerat yang memiliki tujuh perusahaan terdaftar, telah kehilangan lebih dari USD 90 miliar atau sekitar Rp1.350 triliun nilai saham dalam sepekan sejak Hindenburg menerbitkan laporannya.

Kondisi pasar itu telah mengurangi hampir USD 40 miliar atau sekitar Rp600 triliun dari kekayaan pribadi Adani. Seminggu yang lalu dia adalah orang terkaya keempat di dunia. Sekarang dia menempati peringkat ke 10 di Bloomberg Billionaires Index dan tampaknya akan dikalahkan oleh Mukesh Ambani, pengusaha energi dan telekomunikasi India, sebagai orang terkaya di Asia.

Peringkat miliuner real time Forbes menobatkan Ambani jadi orang terkaya Asia. Dia yang mengendalikan Reliance Industries. Kekayaan bersih Ambani mencapai USD 83 miliar, menjadikannya orang terkaya kesembilan di dunia. Sementara menurut forbes, kekayaan Adani diperkirakan sekitar USD 75 miliar.

Perlu diketahui, di puncak kekayaannya tahun lalu, Adani menjadi orang terkaya kedua di dunia, mengungguli Jeff Bezos. Itu adalah pertama kalinya seseorang dari Asia mendapat peringkat sangat tinggi dalam daftar Bloomberg, yang telah lama didominasi oleh pengusaha teknologi kulit putih.*

Artikel Terkait