Olah Raga

Piala Dunia U20: Langkah Awal Timnas Indonesia yang Ciamik Atas Fiji

Oleh : very - Jum'at, 17/02/2023 21:58 WIB

Hasil pertandingan Timnas melawan Fiji. (Foto: Okezone.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Langkah awal Timnas usia 20 tahun dalam turnamen mini di Jakarta yang diikuti 4 negara yang lolos ke Piala Dunia U20 yaitu Indonesia, Guatemala, New Zealand dan Fiji, diawali dengan keberhasilan Timnas U20 mencetak gol atas Fiji U20 di menit 35 oleh playmaker Arkhan Fikri. Fiji bersama New Zealand mewakili Oceania dan Guatemala mewakili Concacaf pada Piala Dunia U 20 yang digelar tahun ini di Jakarta. Guatemala dalam pertandingan awalnya berhasil mengalahkan New Zealand 3-1.

Indonesia menekan Fiji sejak awal permainan setidaknya ada peluang Indonesia melalui Doni Tri Pamungkas dan Ginanjar Wahyu pada menit ke 46. Sayangnya diblok kiper Fiji dan sundulan kepala Ginanjar Wahyu melenceng tipis saat injury time babak pertama.

Selama babak pertama hanya satu tembakan pemain Fiji yang berhasil ditangkap Daffa Fasya. Para pemain Indonesia dapat mengendalikan permainan melalui operan pendek, terobosan tanpa bola dan kolektivitas yang gagal terdeteksi pemain Fiji yang dilatih Rodolfo Zapata dari Argentina.

Beberapa pemain Indonesia yang menonjol di babak pertama yaitu Arkhan Fikri, Zanadin Faris, Ginanjar Wahyu, Zaky Asraf dan Doni Tri Pamungkas sehingga berhasil menguasai 69 persen permainan namun kurang accurately finishing touch.

Di babak kedua pada menit ke 46, striker Rabanni Tasnim melakukan shooting keras namun berhasil ditangkap penjaga gawang Fiji.

Pada menit 49 Indonesia mencetak gol kedua bermula dari tendangan roket Resya Aditya membentur tiang gawang namun bola rebound disundul Kakang Rudianto tembus ke gawang Fiji. Zanadin Faris di menit 50 gagal menceploskan bola ke gawang Fiji yang kosong.

Stres dengan permainan ciamik Indonesia, playmaker Fiji Thomas Arthur Joshua Dunn menjadi antagonis harus mendapat kartu merah pada menit 54 dan 2 pemain belakang Fiji terkena kartu kuning.

Menit 59 pemain Indonesia Resya Aditya asal Sragen memanfaatkan cut back assist yang baik dari Zaky Asraf akhirnya menjebol gawang Fiji. Indonesia 3 Fiji 0.

Menit ke 69 kapten Fiji Melvin yang frustrasi terkena kartu merah setelah melanggar Kakang Rudianto.

Menit ke 70 pelatih Shin Tae Yong memasukkan 6 pemain yaitu Frangky Missa, Brandon Schumanen, Hugo Samir, Nico Afiyanto, Ferdiansyah, dan Hokky Caraka menggantikan Rabanni Tasnim, Zanadin Faris, Kakang Rudianto, Ginanjar Wahyu, Doni Tri Pamungkas dan Arkhan Kaka.

Menit ke 84 tendangan Hokky Caraka diblok bek Fiji sehingga gagal menambah gol bagi Indonesia. Menit ke 85, Hugo Samir gagal menceploskan bola, namun kurang dari 10 detik Hokky Caraka menanduk bola assist kiriman putra Jackson F Tiago, Hugo Samir membuat Indonesia unggul 4-0 atas Fiji.

Menit ke 87 Prawan Pratap Singh terkena kartu merah karena memukul Frangky Missa, kemudian Hokky Caraka yang merespons tindakan kasar Singh memukul Singh sehingga terkena kartu merah juga.

Indonesia sejak itu main dengan 10 orang dan Fiji bermain dengan 8 pemain. Akhir pertandingan Indonesia melibas Fiji 4-0 lewat permainan ciamik sepanjang pertandingan. Selamat. Minggu Indonesia berhadapan dengan New Zealand. (TE)

Artikel Terkait