Nasional

Pataka 83 Reuni, Ziarah ke TMP Kalibata

Oleh : luska - Rabu, 22/02/2023 11:43 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID -  Paguyuban Arbituren Taruna Akabri (Pataka) 83 berkumpul kembali dalam rangka memperingati hari kelahiran paguyuban tersebut. Reuni ke-40 diisi dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan, tabur bunga ke pusara mereka yang telah mengabdikan hidupnya bagi bangsa dan negara, terutama para patriot asal Pataka 83, di TMP Kalibata, Jakarta.

Cuaca seakan berdamai dengan Pataka 83, pagi itu cuaca cerah, puluhan anggota Pataka 83 dari jumlah total 417 orang ramai-ramai menyambangi TMP Kalibata. Sebelum berziarah mereka menggelar upacara peletakan karangan bunga bagi para pahlawan, upacara dipimpin mantan Kasal, Laksamana (Purn) Ade Supandi, di tugu penghormatan para pahlawan, TMP Kalibata.

Usai upacara, seluruh anggota Pataka 83 menuju makam salah satu anggota paguyuban tersebut, dalam nisannya tercatat pahlawan yang terbaring di pusara itu berpangkat Laksamana Madya. Arie Henrycus Sembiring Meilala merupakan mantan Wakasal, wafat kala masih menjabat sebagai wakil dari Laksamana (Purn) Ade Supandi yang saat itu menjabat Kepala Staf AL.

Kemudian, rombongan beralih ke makam lain, Marsda (Purn) H. Anang Murdianto, jabatan terakhir yang diemban sebagai Inspektur Jendral TNI AU. Saat tabur bunga, Ade menceritakan pengalaman yang paling berkesan dengan almarhum, ketika menjadi siswa di Sesko TNI berkunjungi ke salah satu daerah, almarhum binggung mencari bandara padahal selaku pilot TNI AU paham dimana letak bandara tersebut. 

Lalu, rombongan mengarah ke makam Mayjen (Purn) Liston Ariefin Simanjuntak, jabatan terakhir sebagai Deputi lll BIN. Disinipun Ade menceritakan pengalaman bersama almarhum, saat di Timor Timur bermalam di rumah salah satu kakak anggota Pataka 83. Saat itu situasi Tim-Tim masih bagian dari NKRI, mereka sempat dilempari pasir oleh massa pro kemerdekaan.

Ziarah diakhir di makam mantan ibu negara, Hj. Kristiani Herawati biasa dipanggil Anie Yudoyono, memang almarhum bukan termasuk anggota Pataka 83 tapi ini penghormatan bagi seluruh pahlawan yang terbaring di TMP Kalibata.

Ade mengatakan, kegiatan ini menyambut reuni Ke-40 Pataka 83, seluruh anggota yang tergabung dalam paguyuban ini melakukan tabur bunga ke makam pahlawan. Mereka tersebar di seluruh wilayah NKRI, dan mengunjungi makam pahlawan di daerah masing-masing para anggota bermukim saat ini.

"Bukan hanya ziarah, kami juga melakukan kegiatan rutin seperti melakukan kegiatan sosial, olahraga bersama atau sekedar kumpul bernostalgia bersama. Nanti 26 Februari ini kami akan mengadakan reuni di Balai Samudera, kemungkinan seluruh anggota hadir", tandasnya.

Menutup ziarah tersebut, Ade pun mengisi buku tamu dan menulis pesan dan kesan di buku tersebut. "Rawatlah makam para pahlawan dengan baik, mereka menjadi tauladan bagi kita semua yang masih hidup dan generasi bangsa untuk terus berjuang mengisi kemerdekaan dan keunggulan bangsa Indonesia, Merdeka". (Rio)

Artikel Terkait