Nasional

Kerusuhan Papua, 1 Orang Polisi Luka Terkena Panah

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 24/02/2023 10:19 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Sembilan orang dilaporkan tewas akibat kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan. Kericuhan yang dipicu merebaknya isu penculikan anak ini juga mengakibatkan enam warga luka-luka.

"Akibat warga terprovokasi isu penculikan anak membuat situasi di Wamena chaos. Kejadian itu mengakibatkan adanya korban jiwa dan luka-luka serta pembakaran kios milik warga," ungkap Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, Kamis (23/2/2023) malam.

Benny mengungkapkan, kericuhan itu juga menyebabkan sejumlah anggota kepolisian mengalami luka-luka. Bahkan satu polisi dilaporkan terkena anak panah.

"Jadi ada 1 anggota kita terkena luka panah dan ada juga yang luka lemparan batu. Nah ini juga sedang kami dalami," tuturnya.

Benny menegaskan kepolisian akan mengusut tuntas kasus ini. Ia berjanji akan memproses para pelaku yang menebarkan isu dan provokasi tentang adanya penculikan anak hingga berujung peristiwa anarkis.

"Tentunya kita akan cari siapa dalang yang menyebarkan isu penculikan anak dan juga provokator serta pembakaran kios-kios milik warga termasuk sampai adanya korban jiwa," tegas Benny.

Pihaknya juga akan melakukan audit internal terhadap langkah-langkah kepolisian dalam penanganan massa yang melakukan tindakan anarkis. Bahkan seluruh korban juga akan diinvestigasi penyebab kematiannya.

"Nanti kita akan audit investigasi terhadap para korban meninggal maupun luka-luka. Ini sedang berjalan. Jadi kita belum bisa simpulkan apa penyebab para korban meninggal, karena ada juga korban yang luka bacok dan luka panah," pungkasnya.*

Artikel Terkait