Gaya Hidup

Rayakan Hari Lebaran dengan 5 Kue Kering Ini!

Oleh : indonews - Rabu, 01/03/2023 10:32 WIB

Kue lebaran. (Topwisata.info)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Setelah satu bulan lamanya menjalankan ibadah puasa, tibalah saat untuk merayakan hari lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Salah satu cara merayakan hari lebaran adalah dengan menyiapkan makanan spesial yang khas di hari raya. Selain makanan berat, Anda juga bisa menyiapkan kudapan atau biasa disebut dengan kue kering.

Ada banyak ide masakan lebaran seperti kue kering yang dapat dihidangkan saat lebaran. Namun agar tidak bingung, berikut ini 5 kue kering yang wajib ada saat merayakan hari lebaran.

5 Kue Kering Lebaran

  1. Nastar

Kue kering lebaran yang pertama adalah kue nastar. Kue nastar adalah kue kering yang sangat lekat dengan hari lebaran. Kue dengan bentuk bulat dan berwarna coklat keemasan ini berisikan selai nanas. Walaupun identik dengan hari raya di Indonesia, namun sebenarnya nama kue nastar ini berasal dari Belanda, yaitu Ananas yang berarti buah nanas dan taartjes yang berarti kue.

Nastar memiliki bentuk seperti yang kita kenal. Namun, ada juga beberapa orang yang membuat nastar dengan bentuk lain, seperti bentuk buah tomat atau bentuk daun serta berisikan selai buah strawberry atau buah apel. Jika Anda ingin membuat kue nastar yang lezat dan anti pecah, berikut ini resep kue lebaran nastar:

-          Kuning telur

-          Mentega atau margarin (jika ingin lebih lezat, bisa menggunakan Wijsman)

-          Tepung terigu

-          Gula halus

-          Selai nanas atau selai buah lain sesuai selera

-          Vanili

Selain bahan-bahan tersebut, beberapa orang juga ada yang menambahkan parutan keju cheddar di bagian atas kue nastar ini.

  1. Kastengel

Untuk Anda pecinta keju, maka kue kastengel adalah jenis kue lebaran yang wajib ada di rumah Anda. Sama seperti kue nastar, kue ini juga menjadi salah satu jenis kue kering yang banyak dihidangkan saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Alasannya, rasa keju pada kue ini menggugah selera banyak orang, terutama bagi pecinta keju.

Kastengel juga terinspirasi dari kue Belanda, bahkan di Belanda termasuk dalam kudapan premium. Nama kastangel sendiri merupakan gabungan dari bahasa Belanda Kaas yang berarti keju dan kata Stengels yang berarti batangan. Jika Anda tertarik membuat kue kering kastengel, berikut ini resep kue lebaran kastengel:

-          Mentega

-          Telur

-          Tepung terigu

-          Tepung maizena

-          Gula halus

-          Keju Cheddar

-          Susu bubuk

-          Garam

Agar cita rasa keju semakin terasa, Anda bisa menambahkan jenis keju lainnya seperti keju parmesan untuk dijadikan bahan utama serta tambahan parutan keju cheddar atau keju edam di bagian atas kue.  Selain itu, Anda juga bisa berkreasi dengan membuat kue kastengel berbentuk bulat.

  1. Putri Salju

Siapa yang tidak tahu kue putri salju? Kue kering dengan ciri khas serba putih ini termasuk salah satu jenis kue kering yang banyak dipilih untuk dihidangkan saat merayakan hari raya. Rasa gurih dari kue berpadu sempurna dengan rasa manis dari gula halus yang menyelimuti hampir seisi wadah kue.

Umumnya, kue putri salju ini memiliki bentuk seperti bulan sabit. Namun, ada juga yang membuat kue putri salju dengan bentuk lain seperti persegi panjang. Nah, untuk Anda yang ingin membuat putri salju, berikut ini resep kue kering lebaran putri salju yang bisa Anda ikuti:

-          Tepung terigu

-          Tepung maizena

-          Gula halus

-          Margarin (bisa diganti dengan mentega jika ingin rasa yang lebih kuat)

-          Telur

Resep tersebut termasuk resep kue putri salju yang sederhana. Jika ingin berkreasi, Anda bisa menambahkan potongan kacang mede dalam adonan kue. Selain itu, Anda bisa mencampur sedikit susu bubuk dengan bubuk gula halus, agar memberikan cita rasa yang lebih manis dan juga jadi lebih lezat. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan keju cheddar dalam kue ini untuk memperkaya rasa kue.

  1. Kue Sagu

Tidak sah rasanya jika tidak menyediakan kue sagu di hari lebaran. Kue sagu termasuk dalam jajaran kue kering langganan yang tampil di hari raya. Rasa kue yang gurih dan manis, serta mudah untuk disantap membuat kue ini jadi favorit banyak orang, baik tua maupun muda.

Selain rasanya yang khas, kue ini juga punya bentuk dan warna yang berbeda jika dibandingkan dengan kue kering lainnya. Berikut ini resep kue kering lebaran kue sagu yang mudah untuk dibuat:

-          Tepung sagu

-          Telur

-          Gula

-          Mentega atau margarin

-          Santan (jika ingin)

-          Keju edam atau keju cheddar

Kue sagu biasanya dicampur dengan bahan keju untuk menghasilkan rasa yang lebih kuat dan nikmat. Kue sagu adalah salah satu kue kering khas lebaran yang cukup mudah untuk dibuat.

  1. Kue Mede Coklat

Jika Anda ingin perpaduan sempurna antara kacang mede dan coklat, maka Anda bisa nih membuat kue mede coklat. Sesuai namanya, kue ini dilengkapi dengan satu butir kacang mede di atasnya.

Jika Anda tertarik, berikut ini resep kue kering mede coklat:

-          Tepung terigu

-          Gula

-          Telur

-          Tepung maizena

-          Susu bubuk

-          Margarin atau mentega

Jika ingin membuat variasi, Anda bisa menambahkan parutan keju cheddar di atas kue sehingga rasanya jadi lebih kaya.

Demikian ide masakan lebaran yaitu kue kering lebaran yang dapat dihidangkan saat lebaran. Jika ingin membeli berbagai bahan masakan untuk makanan lebaran, Anda bisa belanja bahan fresh dan berkualitas di Kingkong, karena ada banyak pilihan bahan makanan dengan harga yang terjangkau di Kingkong. ***

Artikel Terkait