Gaya Hidup

Indonesia sudah Diarah yang Benar Menuju Pusat Busana Muslim Dunia

Oleh : rio apricianditho - Selasa, 07/03/2023 16:34 WIB

Sapta Nirwanda jadi pembicara peluncuran buku `Islamic Fashion Handbook` yang dimoderatori Yetti R Hadi, di Jakarta.foto:jinny.

Jakarta, INDONEWS.ID - Jalan menuju pusat mode dunia sudah dirintis sekian lama, diyakini sekitar 2-3 tahun mendatang hal itu akan terealisir. Sapta Nirwanda mengatakan, menuju pusat mode dunia, arahnya industrinya sudah bagus bahkan pelaku-pelaku ekonomi muda dibidang fashion sudah bermunculan. Ini yang akan menjadi kekuatan menuju kesana.

Hal itu diungkap Chairman Indonesia Halal Lifestyle Center, Sapta Niwanda saat ditemui di Mufest 2023, di Jakarta. Menurutnya, selama ini masyarakat kita hanya menjadi konsumen busana dunia, padahal brand kita tidak kalah dengan merek dunia. Baik dari segi tampilan maupun bahannya.

"Dulu paling hanya dua atau tiga brand Indonesia yang kita dorong ke luar negeri, kini antri merek lokal yang ingin ikut mengenalkan produknya di pameran fashion internasional. Ekosistem industri fashion kita juga sudah terbentuk, meski mash ada beberapa item yang harus diimpor", tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, menuju pusat mode dunia terutama untuk busana muslim, pemerintah sudah mencanangkan segala yang kita pakai harus bersertifikat halal. Target tersebut harus terlaksana di 2024 mendatang, karena itu dirinya mengingatkan para pelaku industri untuk segera mensertifaksi produknya dengan label halal.

Menurutnya, Indonesia pun sudah memiliki katalog untuk busana muslim, buku tersebut ditulis oleh dosen Institute Fashion islam. Di buku tersebut dijelaskan apa dan bagaimana berbusana muslim.

Menyinggung busana muslim, Sapta mengatakan busana muslim karya anak bangsa sudah dikenal dunia, bahkan bila kita ikut pamaren fashion internasional pembelinya hampir 80 persen non muslim. Busana kita punya ciri yang membuat konsumen dunia melirik, corak atau gaya tradisional jadi pembeda busana kita dengan busana negara lain.

Sudah dikenalnya busana kita di kancah internasional membuat Sapta berharap, hal itu menjadi kebanggaan dan kita memang harus bangga dengan desain kita. Memang brand kita belum banyak dikenal namun pemerintah terus melakukan upaya agar brand lokal menjadi pemain busana di dunia, apalagi tiap tahun kita selalu mengadakan pameran di dalam negeri dan ikut serta di pameran busana internasional. Inilah yang akan mengenalkan brand lokal ke konsumen dunia.rio.

Artikel Terkait