Nasional

Promosi Pencak Silat Indonesia Seni Beladiri kepada Mahasiswa TUM, Kenya

Oleh : luska - Rabu, 08/03/2023 13:22 WIB

Nairobi, INDONEWS ID - Kedutaan Besar RI di Nairobi, di bawah kepemimpinan Duta Besar Dr. Mohamad Hery Saripudin, dalam lebih dari dua tahun terakhir aktif menggencarkan kegiatan promosi budaya Indonesia di Kenya, termasuk pengenalan dan pelatihan Pencak Silat sebagai seni beladiri Indonesia kepada pemuda-pemudi Kenya. Jumat-Sabtu lalu, 3-4 Maret 2023, bertempat di kampus Technical University of Mombasa (TUM) di kota Mombasa, Kenya, KBRI Nairobi dipimpin langsung Duta Besar Dr. Mohamad Hery Saripudin kembali menyelenggarakan kegiatan promosi Pencak Silat, yang dihadiri l.k. 300 mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum.

Kegiatan promosi dirangkaikan dengan pembukaan secara resmi Asosiasi Pencak Silat Wilayah Pantai Kenya (Kenya Coastal Region Pencak Silat Association) oleh Duta Besar RI pada 3 Maret 2023, yang ditandai dengan penyerahan pataka oleh Dubes RI kepada pengurus Asosiasi. Selain dihadiri oleh Prof. Joseph Rasowo, Ph.D (Wakil Rektor TUM Bidang Administrasi dan Keuangan) dan Prof. Peter B. Gichangi, Ph.D (Wakil Rektor TUM Bidang Akademik dan Riset), acara pembukaan juga dihadiri oleh Yang Mulia Maryam Baimu Salim Shariff, Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Mombasa County. Di hari ke dua (4 Maret 2023), kegiatan promosi dilakukan dalam bentuk pelatihan massal Pencak Silat oleh para pelatih dan asisten pelatih Perguruan Pencak Silat Indonesia Seni Beladiri (PS INSEBA) KBRI Nairobi kepada l.k. 200 peserta yang terdiri dari pria dan wanita berusia 3-72 tahun.

Pada acara Pembukaan, sebanyak 30 pemuda-pemudi Kenya, kesemuanya adalah binaan Perguruan PS INSEBA KBRI Nairobi, yang melakukan demo Pencak Silat berhasil memukau penonton dengan gerakan-gerakan seni beladiri yang indah, dipadu dengan teknik-teknik beladiri yang menambah kokoh pertahanan tubuh. Teknik tersebut meliputi Teknik Kuda-kuda; Teknik Sikap Pasang; Teknik Tangkisan; Teknik Tendangan, yang menggunakan kekuatan kaki yang ditendang ke arah depan, belakang, dan samping; Teknik Guntingan, yang menggunakan gerakan kedua kaki untuk menjepit kuda-kuda yang dibentuk oleh lawan; Teknik Pukulan, yang menggunakan gerakan tangan dan kaki yang saling berpadu sempurna, kekuatan berfokus pada telapak tangan yang dikepalkan, dan bertujuan untuk menyerang atau merobohkan pertahanan lawan; Teknik Arah; serta Teknik Pola Langkah.

Dubes Hery Saripudin kepada pers menyatakan, “Seni beladiri Pencak Silat Indonesia sejauh ini telah diperkenalkan ke sejumlah sekolah, kampus, dan kelompok-kelompok komunitas dan lembaga lainnya di Nairobi, Kiambu County, dan Mombasa County sejak Juni 2021, melibatkan sebanyak l.k. 600 peserta latih serta 20 pelatih. Kedutaan Besar RI di Nairobi merupakan salah satu padepokan Pencak Silat di kota Nairobi, dimana masyarakat umum dapat bergabung mengikuti pelatihan Pencak Silat dua kali dalam seminggu. Dan di sini di Mombasa, ini merupakan padepokan ke-4 yang telah dibuka di Kenya. Hari ini, saya secara resmi membuka Asosiasi Pencak Silat Wilayah Pantai Kenya, yang meliputi 6 counties di wilayah pesisir Kenya, yaitu Kilifi County, Mombasa County, Kwale County, Taita Taveta County, Lamu County, dan Tana River County.

Dubes Hery menambahkan, “Dengan mengikuti latihan Pencak Silat, peserta tidak hanya belajar seni beladiri khas Indonesia, tetapi juga akan dapat menghayati nilai-nilai kearifan Indonesia. Pencak Silat menjadi jembatan yang dapat memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Kenya pada tingkat akar rumput, karena Pencak Silat mempererat people-to-people contact”.

Pusat-pusat pelatihan (padepokan) Pencak Silat di Kenya berhasil dibentuk berkat kerja sama KBRI Nairobi dengan Federasi Pencak Silat Nasional Kenya. Didirikan bulan Juni 2021, Federasi Pencak Silat Kenya telah resmi diakui sebagai Anggota Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (PERSILAT), yang bermarkas besar di Jakarta. Pengakuan tersebut diberikan melalui Certificate yang diterbitkan PERSILAT pada 28 Maret 2022. (Lka)

Artikel Terkait