Bisnis

Bantu Lejitkan Usaha Nasabah, PNM Luncurkan Buku "Panduan 5 Langkah Ibu Eksis Dagangan Laris"

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 15/04/2023 11:23 WIB

Kegiatan interaktif bertema "Collab Ibu & Jurnalis untuk Inspirasi Indonesia" bertempat di Senayan Avenue, Jakarta Pusat pada Jumat (14/4/2023) sore.

Jakarta, INDONEWS.ID - Sebagai perusahaan pembiayaan yang tergabung dalam Holding Ultra Mikro (UMi), PT Permodalan Nasional Madani (PNM), terus melakukan pemberdayaan terhadap nasabah binaannya.

Kali ini, perusahaan yang terkenal dengan progam Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dan Unit Layanan Modal Mikro (Ulamm) itu meluncurkan sebuah buku yang berisi panduan sederhana bagi para nasabah dalam berusaha.

Buku tersebut memandu para nasabah dalam usahanya mulai dari menentukan konsep dan ide produk, kemasan hingga langkah-langkah melakukan penjualan terutama melalui sosial media agar laris manis.

Buku berjudul "Panduan 5 Langkah Ibu Eksis Dagangan Laris," diluncurkan dalam kegiatan interaktif bertema "Collab Ibu & Jurnalis untuk Inspirasi Indonesia" bertempat di Senayan Avenue, Jakarta Pusat pada Jumat (14/4/2023) sore.

Dalam acara ini, PNM juga mengajak perwakilan jurnalis dan nasabah PNM untuk berkolaborasi melakukan demo masak. Hal ini sebagai upaya mengimplementasikan step by step panduan yang ada dalam buku tersebut.

Para perwakilan wartawan dan ibu-ibu nasabah PNM yang dipilih dari berbagai daerah di Indonesia diajak berkolaborasi memasak opor ayam sebagai sajian utama. Konsep menu ini disajikan sebagai menu sehat tanpa santan dan minyak.

Para kontestan diminta untuk menentukan konsep menu, penyajian, kemasan, pemotretan hingga cara mempostingnya di sosial media dengan mengacu pada buku "Panduan 5 Langkah Ibu Eksis Dagangan Laris".

Head of Corporate Secretary PNM, Dodot Patria Ary, mengatakan perilisan buku ini sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun Ke-24 PNM yang akan jatuh pada 1 Juni 2023 mendatang.

"(Buku) ini salah satu kontribusi kecil kami buat ibu-ibu dan juga tadi ditemani oleh teman-teman jurnalis. Judulnya sih memang ini kami ingin kontribusi, kolaborasi, antara ibu dan jurnalis sebenarnya buat Indonesia secara keseluruhan. Dan ini juga dalam rangkaian kami ulang tahun yang ke-24 insyaallah nanti di 1 Juni 2023," Dodot di Jakarta, Jumat (14/4/2023).

Dodot mengapresiasi kehadiran lima ibu nasabah PNM Mekaar dalam acara "Collab Ibu & Jurnalis untuk Inspirasi Indonesia", di antaranya Ugik dari Madiun, Martha dari Papua, Ida Gandaria dari Jakarta, Karlia dari Jakarta, dan Ratnasari dari Jakarta.

"Semoga kehadiran kami, PNM, ditemani oleh teman-teman jurnalis dan ibu-ibu tentu saja, bisa secara bersama-sama membangun Indonesia menyejahterakan masyarakatnya," jelas Dodot.

 

Sampai dengan 28 Februari 2023 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp12,06 T kepada Nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 14.250.921 juta Nasabah.

Saat ini PNM memiliki 3.725 kantor layanan PNM Mekaar dan 706 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 513 Kabupaten/Kota, dan 6.657 Kecamatan.*

Artikel Terkait