Nasional

Gelar Community Leaders, Kabid Publikasi dan Branding PNM: Tingkatkan Jiwa Kepemimpinan Para Pendamping Nasabah

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 07/05/2023 10:20 WIB

Kepala Bagian Publikasi dan Branding Produk Nasabah, Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Y.R. Wijayandaru

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Bagian Publikasi & Branding Produk Nasabah PT PNM, YR Wijayandaru mengatakan, pelatihan community leaders yang diikuti lebih dari 250 peserta bertujuan meningkatkan jiwa pemimpin para pendamping nasabah, khususnya account officer (AO) PT Permodalan Nasional Madani atau PNM.

Diketahui, PT Permodalan Nasional Madani atau PNM menggelar Pelatihan Community Leaders melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Sabtu (5/5). Acara tersebut dipusatkan di Kampung Coklat, di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan.

Ia berharap, kegiatan yang mengangkat tema  “Insan PNM Berkualitas, Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas” tersebut, pendamping makin sukses dalam menjalankan tugas medampingi nasabah. “Sehingga usaha nasabah bisa berkembang lebih maju dan naik kelas,” ungkapnya.

Pelatihan ini, lanjut dia, juga tidak terlepas dari komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberi dukungan kepada para pendamping nasabah.

Sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak baik kepada kemajuan usaha nasabah PNM. Melalui kolaborasi PNM PKU dengan PT KDM PNM, juga digelar pelatihan yang bertajuk ”Belajar Bareng PNM”.

Pelatihan ini berupa pelatihan menjahit untuk 50 orang yang merupakan ibu-ibu pelaku usaha mikro binaan dari PNM wilayah Blitar. Tujuan pelatihan tersebut untuk meningkatkan kreativitas nasabah PNM, terutama dalam menjahit. Sesuai tema yang diangkat yakni “Usaha Menjahit, Keuntungan Melejit”.

”Melalui bekal keetrampilan menjahit bisa membuka peluang untuk membuka usaha baru. Selain itu, juga menumbuhkan perekonomian di wilayah Blitar Raya, khususnya di sektor UMKM,” terangnya.

Sebagai salah satu entitas Holding Ultra Mikro (UMi), PT Permodalan Nasional Madani atau PNM menggelar Pelatihan Community Leaders melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Sabtu (5/5). Acara tersebut dipusatkan di Kampung Coklat, di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan.

Kegiatan yang mengangkat tema “Insan PNM Berkualitas, Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas” tersebut diikuti sebanyak 250 peserta dari pendamping nasabah PNM Mekaar. Mulai dari Kepala Unit Mekaar, senior account officer, dan account officer se-Blitar.

Community leader adalah para pendamping nasabah PNM Mekaar yang memimpin nasabah dalam pendampingan maupun pelatihan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sebagai informasi, hingga 31 Maret 2023, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 19,57 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 14.462.875 nasabah. Saat ini PNM memiliki 3.775 kantor layanan PNM Mekaar dan 707 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 provinsi, 513 kabupaten/kota, dan 6.663 kecamatan.*

 

Artikel Terkait