Nasional

Peduli Pendidikan Anak Usia Dini di Perbatasan Negara, BNPP dan Perkumpulan Penyelenggara PAUD Teken Nota Kesepahaman

Oleh : very - Kamis, 11/05/2023 08:49 WIB

Sekretaris BNPP, Zudan Arif Fakrulloh dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman bersama Perkumpulan Penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini (PPAUD) di Jakarta, Rabu (10/5). (Foto: Humas BNPP)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pendidikan anak usia dini menjadi perhatian khusus Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang dikepalai oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Karena itu untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di perbatasan negara, BNPP bersama Perkumpulan Penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini (PPAUD) menandatangani Nota Kesepahaman beberapa waktu lalu.

Sekretaris BNPP, Zudan Arif Fakrulloh, menyampaikan bahwa pendidikan anak usia dini sangatlah penting, karena masa emas pendidikan anak diawali dari anak usia dini yaitu usia 4-6 tahun.

Ia berharap anak-anak usia dini di 54 Kabupaten/Kota yang masuk dalam kawasan perbatasan negara tidak ada yang tidak mengenyam pendidikan anak usia dini. Untuk memastikan hal tersebut Zudan mengajak jajaran Perkumpulan Penyelenggara PAUD turun bersama ke perbatasan negara.

"Jadi terima kasih dari PP PAUD nanti kita bersama-sama 54 Kabupaten jangan ada anak usia dini yang tidak sekolah ini harapan kita. Dan ini kita harus bisa turun bersama-sama, ibu-ibu mohon ijin nanti ke Kabupaten-kabupaten kita temui Bapak, Ibu Bupati atau Walikota di sana untuk menggerakkan pendidikan yang sangat penting ini," kata Zudan di Kantor BNPP, Jakarta Pusat, Rabu (10/5/2023).

Mantan Dirjen Dukcapil ini juga menyampaikan bahwa pendidikan anak usia dini sangatlah bermanfaat untuk mencegah stunting, membangun budaya belajar, dan mencetak generasi unggul.

"Jadi kalau kita bisa sentuh anak-anak sejak dini kita bisa mencegah stunting, kita bisa membangun budaya belajar, kita bisa mencetak generasi unggul karena dari anak umur 0-4 tahun itu masa emas, 4-8 dan seterusnya ini perlu kita lakukan gerakan bersama pendidikan anak usia dini. Jadi BNPP mempunyai peran besar untuk mendorong pendidikan mulai PAUD sampai ke pendidikan tinggi," pungkasnya.

Sebagai informasi, Nota Kesepahaman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di Kawasan Perbatasan telah ditandatangani oleh Sekretaris BNPP, Zudan Arif Fakrulloh, dan Ketua Umum Perkumpulan Penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini (PPAUD), Nani Nofiar.

Ruang lingkup Nota Kesepahaman ini meliputi Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di kawasan perbatasan; Peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini di kawasan perbatasan; serta Pembinaan dan penguatan organisasi penyelenggara pendidikan anak usia dini di kawasan perbatasan. ***

Artikel Terkait