Nasional

Bos PBB Nekat Batal Nyaleg Jika Dipinang Jadi Cawapres 2024

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 13/05/2023 16:04 WIB

Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra

Jakarta, INDONEWS.ID - Partai Bulan Bintang (PBB) resmi mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU. Di antaranya ada Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra yang maju sebagai bakal calon anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jakarta Timur.

"Ya memang saya sudah didaftarkan resmi hari ini sebagai calon anggota DPR RI dari Jakarta Timur dan tergantung kita lihat perkembangan selanjutnya ya, karena pendaftaran Pilpres itu kan bulan Oktober yang akan datang," kata Yusril Ihza kepada wartawan di KPU RI, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023).

"Kalau sekiranya saya, misalnya ya, nanti saya dapat maju sebagai pasangan calon presiden (capres) ya tentu dengan sendirinya status caleg anggota DPR itu akan ditangguhkan dengan sendirinya, karena kan nggak boleh merangkap seperti itu, walaupun Pemilunya dilakukan bersama," ujarnya. Hal itu disampaikan Yusril untuk menjawab pertanyaan bagaimana bila dirinya dipinang sebagai cawapres Prabowo Subianto.

"Tapi kan itu masih belum pasti. Jadi kita tunggu saja," sambungnya.

PBB sebelumnya resmi mendaftarkan bakal calon legislatif Pemilu 2024 ke KPU RI. Bacaleg PBB di antaranya ada Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, Sekjen PBB Afriansyah Noor, hingga anak Yusril, Yuri Kemal Fadlullah.

"Kami barusan menyerahkan berkas daftar calon anggota DPR RI kepada KPU yang seluruh calon yang didaftarkan ada 580 yang telah memenuhi 100 persen dari ketentuan yang berlaku dan hari ini sudah diterima dengan baik oleh Ketua KPU Hasyim Asy`ari," kata Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra saat konferensi pers di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5).

Sekjen PBB Afriansyah Noor mengatakan ada 580 bacaleg dari berbagai dapil yang didaftarkan. Dia mengklaim keterwakilan perempuan mencapai 40 persen.

"Kalau komposisi kita sudah memenuhi target 30 persen lebih, kita hampir 40 persen sesuai kuota kita dan mudah-mudahan caleg perempuan ini bisa kami dapati dan bisa menjadi wakil rakyat yang amanah di DPR RI," ujar Afriansyah Noor.

"Ada beberapa tokoh, tapi memang kami mengedepankan kader-kader PBB yang tampil, termasuk Ketua Umum juga tampil di Jakarta Timur, dapil DKI 1. Kemudian saya sendiri (Afriansyah), maju di Kabupaten Bogor, dapil 5 Jabar. Kemudian Putranya Pak Yusril maju di Bangka Belitung, Wakil Sekjen Azanil Kelana maju di Jabar 10, Pak Norman Zainal di Sumbar 1, dan banyak lagi yang memang tidak bisa kami sebutkan satu per satu," sambungnya.*

Artikel Terkait