Daerah

Pj. Bupati Maybrat Dr. Bernhard E. Rondonuwu Hadiri kegiatan Peningkatan Jalan Athabu - Aitinyo

Oleh : rio apricianditho - Selasa, 13/06/2023 19:38 WIB

Maybrat, INDONEWS.ID - Pj. Bupati Maybrat menyampaikan, masyarakat kita harus tahu bahwa rata-rata APBD kita tiap tahun tidak lebih dari satu Triliun. Dana tersebut harus kita pakai untuk kesejahteraan,gaji pegawai dan kita dibagi ke kampung dan OPD yang ada.

"Negara kita pada tahun 2024 ada disituasi pemilu, sehingga anggaran kita akan diarahkan untuk pelaksanaan pemilu. Kegiatan ini baru dimulai, karena kita harus melalui proses lelang", ujarnya.

Menurutnya, pihaknya sudah melaksanakan proses tender yang pertama, sekarang kedua, dan nanti ada lagi, sehingga yang namanya pembangunan itu bertahap. Maybrat ini rata-rata ada di daratan, sehingga semua memerlukan jalan.

"Saya sebenarnya malu, karena jalan ke wilayah perbatasan di Sorong Selatan harus lewat sana, kita harus bangun jalan biar tidak lewat sana lagi", pungkasnya.

DAK 42 M sudah dilakukan proses pekerjaan sudah jalan. DAK juga fokus pada pekerjaan prioritas. Masih ada daerah kita yang sulit bahkan tidak ada jalan. Sehingga skala prioritas itulah yang kita lakukan terlebih dulu.

"Sebagai pimpinan harus mengetahui dulu lokasi kita agar nanti kita menempatkan jalan sesuai prioritas. Tahun ini seluruh anggaran kita hanya fokus pada pembangunan infrastruktur. Masyarakat harus semua merasakan pembangunan infrastruktur tanpa membeda-bedakan", tandasnya.

Terkait kesehatan, Pj Bupati Maybrat mengatakan, ada satu kebijakan yang diambil saat ini, yaitu puskesmas rujukan. Karena tidak mungkin harus bangun puskesmas rujukan di Semua Distrik.

Diakui, pemerintah daerah sudah kerja sama dengan TNI/Polri, jika ada puskesmas yang tidak beroperasi, mereka akan diusahakan beroperasi dan melakukan aktifitas dulu.

Sementara pertanian, pihaknya sudah mengirim 20 petani untuk studi banding di Manado. Mereka akan tinggal disana kurang lebih 1 Minggu, untuk belajar.

Pemerintah harus masuk dan berikan rasa kepada Masyarakat bahwa pemerintah itu ada untuk Masyarakat. "Saya bertugas ditempat ini tidak punya kepentingan. Tugas saya hanya untuk melayani masyarakat dan menyukseskan pemilu", tambahnya.

Dikatakan, Program yang sudah dibuatkan Pemda Maybrat ini harus didukung masyarakat. Kami harus berdiri diatas masyarakat dan ada ditengah-tengah masyarakat. Inilah bentuk bagian usulan dari masyarakat, inilah buktinya. Kedepan masyarakat harus sejahtera.
 

Artikel Terkait