Nasional

Pushidrosal Gelar Seminar International Hari Hidrografi Dunia 2023

Oleh : luska - Rabu, 21/06/2023 20:32 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Hari hidrografi sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 21 Juni dengan tema yang berbeda setiap tahunnya, pertama kali diperkenalkan oleh International Hydrographic Organization (IHO) untuk menyoroti pentingnya hidrografi dan karya hidrografer di seluruh dunia.

Berkaitan dengan itu, Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar Seminar internasional hidrografi bertema "Hydrography underpinning the digital twin of the ocean". Seminar yang digelar dalam rangka memperingati Hari Hidrografi Dunia tahun yang ke-102 tahun 2023 ini dibuka Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. mewakil Kepala Staf Angkatan Laut ( Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., di Gedung Balai Samudera, Jakarta Utara, Rabu (21/6).

Pada kegiatan itu juga dilakukan pemberian brevet kehormatan Hidro-oseanografi kepada Prof. Dr. (H.C.) Megawati Soekarnoputri (Ketua Dewan Pengarah BRIN), Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr.Han. (Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf Angkatan Laut), Bebeb Abdul Kurnia Nugraha Djundjunan, SH., LLM. (Duta Besar LBBP RI untuk Republik Yunani), serta L Amrih Jinangkung, SH., LLM. (Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional, Kementerian Luar Negeri), dilanjutkan dengan penandatanganan Letter of Intent (Lol) antara Pushidrosal dengan BRIN.

IHO (International Hydrographic Service) merayakan Worls Hydrography Day 2023 dengan tema "Hydrography - underpinning the digital twin of the ocean". IHO mengangkat tema tersebut bertujuan untuk mengembangkan multidimensi yang konsisten, beresolusi tinggi dan representasi virtual (modelling) lautan hampir secara real-time yang dapat membuat pengetahuan lautan/maritim terbuka aksesnya, kemudian tersedia untuk publik, ilmuwan dan pembuat kebijakan di seluruh dunia, dan akan menyediakan platform interaktif secara global. Tema untuk WHD 2023 dirancang untuk menonjolkan hubungan antara hidrografi dan oseanografi, dan bagaimana hidrografi memiliki peranan kunci dalam mengembangkan kembaran digital lautan.

Seminar Hari Hidrografi dunia ini dilaksanakan secara Hybrid (daring dan luring), yang diikuti oleh 200 peserta luring dan 1000 peserta daring, yang terdiri dari Komunitas Hidrografer, Kementerian dan Lembaga Maritim, Komunitas Pendidikan Hidrografi, Pelaut (Militer, Penegak Hukum dan Sipil), Perguruan tinggi, serta industri yang bergerak dalam bidang hidrografi dan oseanografi.

Hadir sebagai pemberi arahan dalam kegiatan ini Ketua Dewan Pengarah BRIN Prof. Dr. (H.C.) Megawati Soekarnoputri dan pembicara yang merupakan pakar di bidangnya, seperti Menteri Kelautan RI Sakti Wahyu Trenggono, Kepala BMKG Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D., Director of Research and Technology Centre, University of Kiel Jerman Prof. Dr. Roberto Mayerle, Chief Hydrographer Malaysia Rear Admiral Dato' Hanafiah Bin Hassan, serta Asrena Kasal Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P. (Lka)

TAGS : Pushidrosal

Artikel Terkait