Nasional

PNM Kabanjahe Gelar Pelatihan Community Leaders bagi Nasabah

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 28/06/2023 07:42 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan Pelatihan Community Leaders dengan tema “Insan PNM Berkualitas, Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas” di Hotel Sibayak Berastagi, Jumat (23/6).

Kegiatan ini dihadiri oleh 150 peserta yang merupakan pendamping nasabah PNM Mekaar (Kepala Unit Mekaar, Senior Account Officer, Account Officer). Community Leaders adalah sosok rekan-rekan pendamping nasabah PNM Mekaar yaitu Pemimpin komunitas yang akan membantu nasabah untuk melakukan pendampingan dan pelatihan sederhana di dalam grup sehingga usaha nasabah bisa berkembang lebih maju dan naik kelas.

Pelatihan ini tidak terlepas dari komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan dukungan kepada para pendamping nasabah sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak baik kepada kemajuan usaha nasabah PNM.

Selain itu, PNM juga menggelar pelatihan yang dikenal dengan nama Belajar Bareng PNM dengan tema “Usaha Menjahit, Keuntungan Melejit” kepada 50 Ibu-ibu pra sejahtera binaan PNM di wilayah Kabupaten Karo. Tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan kreatifitas nasabah PNM dengan melatih keterampilan barunya, sehingga dapat membuka peluang usaha baru.

“Harapan untuk para Insan PNM khususnya AO setelah mendapatkan pelatihan community leaders ini mampu menjalankan amanah sebagai leader untuk menjadikan Insan PNM berkualitas dan UMKM naik kelas” ujar Indra Irawan selaku Pemimpin Cabang PNM Kabanjahe.

Sementara itu dikesempatan yang sama Pemda Karo yang diwakili Asisten 2 Bupati Karo Dapat Kita Sinulingga mengucapkan ungkapan terimakasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada PNM yang telah berupaya membangkitkan ekonomi kerakyatan melalui bantuan modal UMK dan pendampingan terhadap pelaku usaha mikro.

“Terimakasih kami ucapkan kepada PNM yang telah berkontribusi dalam pemberdayaan UMKM dan menggerakkan ekonomi daerah melalui UMKM binaan PNM untuk naik kelas sehingga secara tidak langsung juga membantu memajukan pendapatan daerah”, ucap Dapat Kita Sinulingga.

Dalam acara tersebut turut hadir Dapat Kita Sinulingga selaku Asisten 2 Bupati Karo, Ir.Adison Sebayang Kadis Ketenagakerjaan Koperasi dan UMKM, Robert Wagner Ginting Kabid Kualitas Hidup Perempuan Perlindungan Anak Kabupaten Karo, Indra Irawan Pemimpin Cabang PNM Kabanjahe, YR Wijayandaru Kepala Bagian Publikasi dan Branding Produk Nasabah, dan beberapa perwakilan BRI dan Pegadaian Kabanjahe.

Menurut data, hingga 31 Mei 2023 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp28,38 T kepada Nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 14.602.490 juta Nasabah, dengan 62 Cabang, 3.834 kantor unit layanan PNM Mekaar dan 645 kantor unit layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 35 Provinsi, 431 Kabupaten/Kota, dan 6.014 Kecamatan.*(Waspada.id)

 

Artikel Terkait