Nasional

Hari Raya Idul Adha, YBM PLN Salurkan 1.444 Hewan Kurban Ke Seluruh Indonesia

Oleh : Mancik - Sabtu, 01/07/2023 21:38 WIB

Yayasan Baitul Maal (YBM) PT PLN (Persero) menyalurkan hewan kurban.(Foto:Istimewa)

INDONEWS.ID - Memperingati Hari Raya Idul Adha 1.444 Hijriah, Yayasan Baitul Maal (YBM) PT PLN (Persero) menyalurkan hewan kurban sebanyak 952 ekor sapi dan 492 kambing di seluruh Indonesia.

Melalui kegiatan Tebar Berkah Daging dan Kurban (TBDK) 2023 bertema `Manfaatnya Sampai ke Pelosok Negeri`, program ini menyasar lebih dari 150 ribu keluarga pra sejahtera di seluruh tanah air.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk wujud syukur atas segala upaya yang telah dilakukan untuk menerangi negeri. Darmawan berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan kebahagiaan dan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Bagi kita semua Idul Adha memberikan simbol semangat pengorbanan, sehingga hal ini juga diteladani oleh insan PLN dengan terus menebar kepedulian terhadap sesama dan memberi manfaat kepada seluruh masyarakat,” kata Darmawan.

Darmawan menambahkan, kegiatan semacam ini akan terus berlanjut dan ditingkatkan di berbagai sektor mulai dari sosial, agama, hingga pendidikan. Hal ini guna membangun rasa kepedulian insan PLN terhadap lingkungan dan berbagi kepada sesama.

Ketua YBM PLN, Iskandar menjelaskan, kegiatan Tebar Berkah Daging & Kurban (TBDK) ini menyasar penerima manfaat dari keluarga pra sejahtera yang ada di berbagai pelosok Tanah Air dari Aceh hingga Papua. Hal ini agar masyarakat hingga pelosok bisa ikut merasakan kebahagiaan di Hari Raya Idul Adha.

"Tujuan kami untuk membagikan daging ke masyarakat hingga daerah terpencil yang tidak dapat melaksanakan qurban karena keterbatasan ekonomi," ujar Iskandar.

Iskandar menjelaskan, penyaluran hewan kurban ini diberikan ke lebih dari 240 titik. Dengan rincian; pesantren, dhuafa dan madrasah sebanyak 94 titik, masjid 12 titik, kawasan pra sejahtera 119 titik, dan majelis taklim 15 titik.

Iskandar bersyukur YBM dapat melakukan kegiatan Tebar Berkah Daging & Kurban bagi ke masyarakat dhuafa di berbagai pelosok Indonesia. Menurutnya, dana program ini bersumber dari kebaikan para pegawai PLN yang disisihkan setiap bulan melalui setiap unit.

"Alhamdulillah di momentum Idul Adha tahun ini, YBM PLN bisa berbagi dengan menyalurkan hewan kurban kepada masyarakat kurang mampu. Semoga program ini menjadi berkah untuk keluarga besar PLN dan menghadirkan kebahagiaan untuk mereka yang layak dibantu," kata Iskandar.

Penyaluran hewan kurban dari YBM PLN ini pun disyukuri oleh para penerima manfaat. Salah satunya Wak Den, warga Desa Alur Itam, Kabupaten Aceh Timur ini menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kepedulian PLN di momen Hari Raya Idul Adha ini kepada masyarakat sekitar.

"Kami sangat berterimakasih kepada PLN Aceh atas pemberian daging qurban ini. Semoga Allah membalas kebaikan para pemberi kurban," ungkapnya.

Salah satu titik lokasi penyaluran YBM PLN juga dilakukan di Kampung Pemulung, daerah Lebak Bulus Jakarta Selatan. Kampung yang dihuni lebih dari 150 kepala keluarga ini dipilih YBM PLN karena warganya termasuk ekonomi menengah ke bawah dan belum pernah mendapatkan hewan kurban.

Selain menyalurkan sapi, YBM PLN juga membagikan 270 paket makanan melalui Solidarity Food Truck yang langsung disambut antusias warga dan anak-anak yang tinggal di kampung tersebut.*

TAGS : Idul Adha

Artikel Terkait