Nasional

Operasi Jalanusa X, Bakamla Tindak Dua Kapal oil Ilegal di Perairan Indonesia

Oleh : luska - Selasa, 11/07/2023 16:38 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - KN Pulau Marore 322 Bakamla yang tergabung dalam Operasi Jalanusa X telah melakukan penindakan terhadap 2 (dua) kapal yaitu MT. Arman 114 berbendera Iran dan MT STinos berbendera Kamerun yang diduga melakukan aktivitas/kegiatan transshipment illegal di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menjelaskan Pihaknya mendapat informasi terjadinya transshipment oleh kedua kapal tersebut didapatkan dari Puskodal Bakamla bekerja sama dengan Instansi terkait dan diteruskan kepada KN Pulau Marore 322 untuk dilakukan pemeriksaan dilapangan.

Setelah tiba di lokasi, kedua kapal tersebut tertangkap tangan sedang melakukan kegiatan transshipment minyak mentah sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh Puskodal Bakamla kepada KN. Pulau Marore 322. Kedua kapal tersebut tidak merespon komunikasi dan berupaya menghindari proses pemeriksaan dengan melarikan diri dalam posisi selang masih menempel (proses transshipment tetap berlangsung), sehingga dilakukan pengejaran seketika hingga memasuki wilayah ZEE Malaysia. Dengan adanya kerja sama yang baik antara Bakamla dengan Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM), KN Pulau Marore 322 diijinkan melakukan hot pursuit oleh APMM ke ZEE Malaysia. Hal ini merupakan implementasi kerja sama yang baik antara coast guard di ASEAn sebagaimana telah dibangun melalui mekanisme ASEAN Coast Guard Forum (ACF).

Pada proses upaya penghentian, kedua kapal melakukan break away untuk MT ARMAN 114 bergerak kearah Barat Laut, sedangkan MT S TINOS bergerak ke Utara. Dengan kondisi tersebut KN Pulau Marore 322 fokus kepada MT ARMAN 114 yang diduga sebagai kapal pemberi/ penyalur.  Dalam proses penghentian, Bakamla RI dibantu oleh APMM dengan menurunkan pasukan Khas Maritim Malaysia menggunakan helikopter yang berkolaborasi dengan tim tim Visit Board Search and Seizure (VBSS) Bakamla.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap MT ARMAN 114 didapat bahwa : Kapal Berbendera Iran; Nahkoda berkewarganegaraan Mesir; ABK berjumlah 28 orang berkewarganegaraan Suriah dan terdapat 3 orang penumpang (istri dan anak Security Officer); dan Kapal bermuatan Light Crude Oil (LCO) 272.569 metric ton.

Berdasarkan fakta di tempat kejadian perkara, ditemukan bahwa MT ARMAN 114 melakukan perbuatan melawan hukum dengan modus operandi mematikan sistem informasi pelayaran (AIS), spoofing AIS (data AIS kapal MT ARMAN berada di Laut Merah), menggunakan wilayah ZEE sebagai tempat transshipment illegal, dan tidak mengibarkan bendera kapal. Adapun pelanggaran yang dilakukan oleh kedua kapal tersebut yaitu:
Tidak menyalakan Automatic Identification System (AIS), (Status MT ARMAN 114 berada di Laut Merah); Diduga melakukan transhipment illegal/tanpa ijin di ZEE Indonesia; Diduga melakukan dumping; Tidak mengibarkan bendera kebangsaan; Tidak memiliki port clearance; dan
Tidak patuh (non compliance) pada penegak hukum.

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap MT ARMAN 114, dapat diduga telah melakukan perbuatan melawan hukum sebagaimana diatur dalam : Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1983 tentang ZEE Indonesia; Undang-Undang No.17 Tahun 2008 tentang Pelayaran dan Peraturan Perundang-undangan dibidang Pelayaran lainnya; dan Undang-Undang 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. (Lka)

Artikel Terkait