Gaya Hidup

Angkat Musik Koplo Sejajar, Festival Koplo Indonesia Digelar

Oleh : rio apricianditho - Senin, 17/07/2023 16:55 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Masyarakat pecinta musik koplo bakal terpuaskan dahaganya melalui konser puluhan artis dangdut koplo di Festival Koplo Indonesia. Festival tersebut akan digelar 28-29 Juli mendatang di lapangan parkir stadion aquatik, senayan, Jakarta. Menurut promotor festival, acara ini digelar karena selama ini koplo hanya dinilai sebagai pengiring konser musik lainnya, maka dengan festival ini koplo bisa disejajarkan dengan genre musik lain.

Hal itu dikatakan, RND grup and Nuraga saat menggelar konfrensi pers di Jakarta. Menurutnya, biasanya dalam festival musik koplo hanya mendapat jatah 10-20 persen namun di persentase itu malah mendapat sambutan yang luar biasa dari pengunjung festival.

Lebih lanjut dijelaskan, dari data itu maka pihaknya berinisiatif membuat festival yang seluruhnya musik koplo. Ini yang pertama kali festival musik full koplo, dan itu mendapat sambutan luar biasa dari penggemar musik berdasarkan dari penjualan tiket yang nyaris sold out.

"Uniknya peminat festival ini kebanyakan usianya 18-25 tahun, ini bukti bahwa penggemar koplo ada regenerasi. Musik itu perlu regenerasi untuk keberlanjutan musik kedepannya, bila penggemar sudah beralih ke anak muda bisa diartikan koplo sudah digemari semua kalangan", tandas Reno mewakili RND and Nuraga.

Hal itu menurutnya, membawa wahana baru atau kecerian baru buat industri musik khususnya genre koplo. Bagi dirinya, koplo tak harus orang pinggiran, koplo tak harus terkait dengan kawasan, maka dibuat festival ini di kawasan Senayan, Jakarta.

Festival musik koplo menurutnya, bukan sekedar ikut-ikutan membuat festival musik tapi ini untuk mengapresiasi artis dan musik koplo sebagai genre musik yang setara dengan genre musik lainnya.

Sementara artis pendukung seperti Siti Badriah, Fitri Carlina, dan Wika Salim, menyambut baik adanya festival koplo Indonesia. Mereka merasa mendapat tempat yang layak sebagai penyanyi dangdut koplo yang selama ini dilirik sebagai kelas dua.

Ketiganya saat ini masih membahas persiapan mereka tampil di festival itu, baik dengan pemusik maupun manajemen mereka guna menampilkan sesuatu yang lain dari yang biasa mereka tampilkan di panggung musik.

Baik 3 penyanyi dangdut koplo maupun Reno berharap, festival ini berjalan aman dan lancar, pengunjung dan pemusik serta penyanyi menampilkan sesuatu yang unik di panggung nanti. Dan harapan lain, koplo bisa digemari semua kalangan baik di Indonesia maupun internasional.

Artikel Terkait