Nasional

Hadiri Diskusi Terbatas KONTAS, Ardy Mbalembout: Kita Dorong Pemda Flores Timur Terbitkan Perda Reinha Rosari

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 18/07/2023 19:29 WIB

Tokoh muda berdarah Flores Timur, Dr. (c) MM Ardy Mbalembout, SH, MH, CLA AllArb (paling kiri) menjadi salah satu pembicara tentang dinamika Peta Politik Flores Timur bersama empat pembicara lain asal Lamaholot.

Hadiri Diskusi Terbatas KONTAS, Ardy Mbalembout: Kita Dorong Pemda Flores Timur Terbitkan Perda Reinha Rosari

Jakarta, INDONEWS.ID - Tokoh muda berdarah Flores Timur, Dr. (c) MM Ardy Mbalembout, SH, MH, CLA AllArb diketahui menghadiri diskusi terbatas yang digelar Komunitas Anak Tanah Serani disingkat KONTAS Minggu, 16 Juli 2023.

Kegiatan yang diinisiasi DPP KONTAS, sebuah komunitas keluarga besar Lamaholot, Solor, Adonara, dan Lembata,
Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berdomisili di Jabodetabek ini digelar di Hall SMP Pax Ecclesia dan SMA Pax Patriae di Bekasi.

Kegiatan yang dibagi dalam dua sesi ini menghadirkan Ketua Umum KONTAS Philips Ernestin Riberu, Sekjen Hilar BC da Silva serta tokoh muda, seorang advokat
Dr. (c) MM Ardy Mbalembout, SH, MH, CLA AllArb. Hadir pula Staf Ahli DPD RI Sani Kleden Paulus dan beberapa tokoh Lamaholot Jabodetabek lainnya.

Tidak hanya hadir, M Ardy Mbalembout juga menjadi salah satu pembicara dalam diskusi tersebut yang mengakat isu tentang dinamika Peta Politik Flores Timur bersama empat pembicara lain asal Lamaholot.

Pada kesempatan itu, Ardy Mbalembout -- sosok yang telah menyatakan diri siap bertarung menuju Senayan mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) Flores Timur (Flotim) untuk segera menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Reinha Rosari.

Perda Tersebut, kata Alumnus Lemhanas itu, akan mengatur tentang pemanfaatan potensi daerah secara maksimal agar mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat. Dengan kehadiran Perda tersebut, Larantuka sebagai kota mayoritas umat Katolik kekhasannya akan
terus dijaga dan dipelihara.

Sehingga hal ini akan mempermudah pemerintah daerah maupun pusat untuk menata potensi wilayah tersebut, salah satunya mengembangkan wisata religi. Sebagaimana diketahui selama ini, minat wisatawan begitu tinggi untuk mengikuti prosesi Paskah di Larantuka setiap bulan Maret dan April.

"Kita mendorong Pemda dan DPRD Flotim segera menerbitakan Perda Reinha Rosari. Perda tersebut mengatur tentang kekahasan Larantuka sebagai kota dengan mayoritas Katolik yang setiap bulan Maret dan April mengadakan prosesi paskah yang sangat unik untuk mengembangkan wisata religi," kata Ardy.

Menurut Ardy, Pemda Flotim tidak bisa hanya mengandalkan APBD sebagai sumber dana dalam rangka menaikan pendapatan daerah. Dia menilai jumlah APBD dinilai sangat kecil. Bahkan sebagian besar anggarannya bersumber dari pemerintah pusat melalui DAU dan DAK.

"Sudah saatnya kita mengandalkan potensi daerah untuk meningkatkan pendapatan melalui optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki daerah kita. Kita kelola dengan baik untuk selanjutnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Ardy mengungkapkan harapan yang besar terhadap peran dan kehadiran KONTAS, sebagai sebuah organisasi yang mampu mendorong partisipasi warga Flores Timur. Terutama warga yang terdaftar sebagai pemilih sehingga menggunakan hak pilihnya dengan tepat.

"Maka dari itu, saya menaruh harapan yang besar pada KONTAS bahwa harus bisa menjadi organisasi yang mampu mendorong partisipasi warga Flotim yang tetdaftar sebagai pemilih. Agar menggunakan hak pilihnya dengan baik dengan memilih wakilnya di DPR RI yang berasal dari rahim Lamaholot.

"Harapamnya, orang yang dipilih itu bisa mengawal aspirasi juga membawa investasi dan program-program pusat ke Lamaholot yang sudah 20 tahn tidak pernah mengirimkan putra-putrinya ke senayan," tutupnya.*

Artikel Terkait