Nasional

Gandeng PNM, Pemprov Jambi Bantu Geliatkan UMKM Lokal

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 21/07/2023 11:21 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi membangun kerja sama dengan Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk membantu kegiatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi.

“Untuk kesejahteraan masyarakat, Pemprov Jambi mengadakan MoU dengan PNM dalam meningkatkan usaha para UMKM lokal,” kata Gubernur Jambi Al Haris di Jambi, Rabu.

Ia pun menyampaikan apresiasi atas kontribusi PNM untuk memberdayakan UMKM di Jambi sebagai mitra strategis, mengingat PNM dapat menunjang lahirnya pengusaha baru serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Jambi.

"UMKM sebagian besar di Jambi dilakukan oleh kaum ibu-ibu yang sekarang harus pandai mencari peluang untuk mencari penghasilan tambahan dan pemerintah melalui PNM,” kata Al Haris.

Oleh karena itu, ia mengharapkan PNM akan terus berkembang dengan penyediaan berbagai program kerja untuk membantu UMKM di seluruh kota/kabupaten di Provinsi Jambi guna peningkatan kesejahteraan masyarakat dan daerah.

Gubernur Jambi juga mengatakan bahwa kegiatan pengembangan kapasitas usaha untuk UMKM merupakan salah satu bentuk kerja nyata PNM untuk memberdayakan pelaku usaha di Provinsi Jambi.

Selama ini, Pemprov Jambi telah memberikan pinjaman senilai Rp10 juta setahun bagi pemberdayaan UMKM. Terdapat 1.500 pelaku usaha yang sudah mendapatkan bantuan tersebut. Sedangkan, pelaku UMKM yang bergabung bersama PNM tercatat sebanyak 240.000 pelaku usaha.

Dalam kesempatan yang sama, pihak PNM juga telah memberikan pendampingan dan pelatihan usaha secara reguler dan berkelanjutan, sesuai dengan kebutuhan nasabah sehingga usaha yang dijalankan pelaku usaha dapat makin berkembang.

 

Artikel Terkait