Daerah

Longsor Terjang Cianjur, Satu Tertimbun

Oleh : very - Minggu, 30/07/2023 16:48 WIB

Longsor di Cianjur. (Foto: BNPB)

Jakarta, INDONEWS.ID - Satu warga dilaporkan tertimbun longsor di kampung Bojong Sirna, Desa Simpang Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (29/7).

Laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, tanah longsor terjadi pukul 09.00 WIB, lokasi longsoran di sawah dengan posisi yang berada di lereng bukit.

“Sementara itu kerugian materil yang ditimbulkan akibat peristiwa tanah longsor rusaknya sawah.  Selain itu akses jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda 2 dan 4,” ujar siaran pers Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, yang diterima di Jakarta, Minggu (30/7).

Upaya pencarian korban tertimbun lonsor terus dilakukan Tim gabungan BPBD Kabupaten Cianjur. Kondisi terkini tanah masih rentan untuk terjadi longsor.

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kondisi cuaca di Kabupaten Cianjur pada Minggu (30/7) berawan sedangkan pada Senin (31/7) cuaca cenderung cerah.

Menurut indeks kajian risiko bencana InaRisk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), wilayah Kabupaten Cianjur memiliki tingkat risiko tanah longsor dengan kategori sedang hingga tinggi. Informasi dari Inarisk terdapat 31 wilayah Kecamatan yang berisiko terdampak tanah longsor dengan luas wilayah mencapai 66.530 hektar.

Pasca kejadian tanah longsor, BNPB menghimbau kepada Pemerintah daerah mengambil langkah upaya mitigasi dan monitoring lereng tebing, khususnya yang berada di wilayah rentan terjadi tanah longsor agar dilakukan secara berkala. ***

Artikel Terkait