Gaya Hidup

Dianggap Penting, Ini Langkah dan Makna Menghitung Weton Jodoh

Oleh : very - Rabu, 16/08/2023 10:46 WIB

Perhitungan weton jodoh. (Foto: Pikiranrakyat.com)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Menghitung weton jodoh adalah salah satu tradisi atau kepercayaan yang masih dipegang oleh beberapa masyarakat di Indonesia, terutama yang memiliki latar belakang budaya Jawa.

Menghitung weton jodoh merupakan suatu cara untuk mencari tahu apakah pasangan yang akan menikah memiliki kecocokan berdasarkan perhitungan dari hari kelahiran masing-masing individu, sehingga bisa menentukan waktu yang baik untuk menikah.

Walaupun sudah ada sejak lama, menghitung weton jodoh masih banyak dilakukan oleh keluarga yang berasal dari Jawa, agar dapat memiliki perhitungan waktu menikah yang pas.

Proses menghitung weton jodoh melibatkan dua elemen penting, yaitu hari kelahiran alias weton dan pasaran. Dalam tradisi Jawa, setiap hari memiliki pasaran yang memiliki makna atau karakteristik tertentu. Terdapat lima pasaran dalam siklus Jawa, yaitu Pon, Wage, Kliwon, Legi, dan Pahing. Sedangkan hari kelahiran seseorang juga memiliki pasaran yang berkaitan dengan lima pasaran tersebut.

Langkah-langkah umum dalam menghitung weton jodoh adalah sebagai berikut.

  1. Tentukan Hari Kelahiran

Pastikan Anda mengetahui hari kelahiran atau neptu Anda dan pasangan Anda dalam kalender Jawa untuk menentukan waktu yang baik untuk menikah. Ini biasanya terdiri dari hari, bulan, dan tahun kelahiran. Saat ini, Anda bisa menghitung weton jodoh dengan mudah. Salah satunya adalah melalui website Sayyesido.

Anda tinggal pilih bagian Weton, selanjutnya masukkan nama Anda, nama pasangan, serta tanggal lahir Anda dan pasangan Anda.  Nantinya, akan ada hasil ramalan jodoh weton yang dihasilkan. Anda akan mendapatkan penjelasan mengenai weton berdasarkan neptu.

Jika Anda merupakan pasangan Tinari, berarti Anda dan pasangan akan selalu dilimpahi kebahagiaan, diberikan kemudahan hidup, hingga diliputi keberuntungan. Atau, ada juga pasangan Topo, yang diramalkan akan mendapatkan kesulitan di masa awal pernikahan dengan sebab keuangan. Namun, seiring berjalannya waktu, semua akan baik-baik saja dan akan hidup bahagia.

Selain Tinari dan Topo, hasil hitungan weton jodoh lainnya ada Pegat, Ratu, Jodoh, Padu, Sujanan, dan Pesthi. Setiap hasil hitungan tersebut memiliki arti dan maknanya masing-masing.

 

2. Hitung Pasaran

Selain mempertimbangkan pasaran masing-masing individu, weton jodoh juga melibatkan kombinasi lima pasaran yang muncul dari hari kelahiran Anda dan pasangan Anda. Setiap kombinasi memiliki arti dan makna tertentu.

Tentukan pasaran dari hari kelahiran Anda dan pasangan Anda. Misalnya, jika Anda lahir pada hari Kamis Legi, maka pasaran Anda adalah Legi. Dengan mengetahui pasaran, Anda bisa mengetahui kapan waktu yang baik untuk menikah.

 

3. Analis Kecocokan

Setiap pasaran memiliki makna atau karakteristik tertentu. Dalam tradisi Jawa, ada pandangan yang mengatakan bahwa pasangan dengan pasaran yang berbeda memiliki kecocokan yang lebih baik. Sebaliknya, pasangan dengan pasaran yang sama mungkin dianggap memiliki ketidakcocokan atau ada beberapa hal yang tidak pas dengan persentase yang lebih tinggi.

 

4. Konsultasi dengan Keluarga

Beberapa orang lebih serius dalam memperhitungkan weton jodoh dan dapat mencari bantuan dari anggota keluarga yang lebih senior. Mereka mungkin memberikan pandangan lebih mendalam tentang kecocokan berdasarkan weton jodoh.

Lalu, mengapa menghitung weton penting bagi beberapa keluarga?

  • Warisan Budaya dan Tradisi

Bagi masyarakat yang menjunjung tinggi budaya dan tradisi Jawa, menghitung weton merupakan bagian dari identitas dan warisan budaya yang ingin mereka pertahankan. Ini juga bisa menjadi cara untuk merayakan dan menghormati leluhur serta menghubungkan diri dengan akar budaya mereka.

  • Menjaga Kepercayaan dan Keseimbangan

Bagi sebagian orang, weton jodoh dapat dianggap sebagai cara untuk menjaga keseimbangan alam semesta dan mendapatkan berkah dari alam atau tuhan. Dengan memperhitungkan weton, mereka merasa bahwa mereka berada dalam arah yang baik dan sesuai dengan tata cara yang telah dianugerahkan, termasuk untuk menentukan waktu yang baik untuk menikah.

  • Salah Satu Aspek Pertimbangan

Meskipun tidak menjadi faktor penentu utama, weton jodoh dapat dianggap sebagai satu aspek yang harus dipertimbangkan dalam proses memilih pasangan hidup. Beberapa orang mungkin ingin memiliki segala faktor yang mungkin mempengaruhi hubungan mereka termasuk dalam pertimbangan mereka.

 

  • Menjalin Hubungan dengan Pasangan dan Keluarga

Menghitung weton juga dapat dianggap sebagai cara untuk memperkuat hubungan dengan pasangan dan keluarga besar. Ini bisa menjadi topik pembicaraan yang menarik dan bisa membantu menguatkan keterhubungan di antara semua anggota keluarga yang terlibat dalam proses pernikahan.

Namun, perlu diingat bahwa weton jodoh bukanlah satu-satunya faktor yang harus dipertimbangkan dalam membangun hubungan yang sukses dan bahagia. Ada banyak faktor lain seperti kecocokan pasangan, pemikiran yang sejalan, tujuan hidup bersama, dan keterbukaan dalam komunikasi juga memiliki peranan penting untuk pasangan.

Pada akhirnya, keputusan tentang pasangan hidup haruslah didasarkan pada pemahaman yang mendalam dan koneksi yang sudah terbangun kuat pada pasangan tersebut.

Nah, itu dia penjelasan mengenai betapa pentingnya weton jodoh untuk menentukan waktu yang baik untuk menikah, terutama untuk keluarga berlatar belakang Jawa. Jika Anda ingin merencanakan pernikahan dengan mudah, Anda bisa menggunakan jasa dari Yessido. Anda bisa memilih venue hingga paket pernikahan dengan mudah, serta dalam harga yang bersahabat. ***

Artikel Terkait