Nasional

Jokowi Tunjuk Sandiaga Jadi Menko Marves Ad Interim Gantikan Luhut

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 20/08/2023 19:46 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menparekraf Sandiaga Uno untuk menjadi Menko Marves Ad Interim. Sandiaga ditugasi untuk menggantikan sementara Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang mendampingi Jokowi ke Afrika.

Penunjukan itu juga disampaikan oleh Mensesneg Pratikno melalui surat Nomor B-3432/MENKO/RT.01.00/VIII/2023 tanggal 16 Agustus 2023. Dalam surat itu, Pratikno menyampaikan bahwa Sandiaga ditunjuk Jokowi untuk menjadi Menko Marves Ad Interim.

"Berkenaan dengan surat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi nomor B-3432/MENKO/RT.01.00/VIII/2023 tanggal 16 Agustus 2023, hal Permohonan Izin Perjalanan Dinas ke Kenya, Tanzania, Mozambik dan Afrika Selatan tanggal 19 s.d. 26 Agustus 2023 serta Usulan Menteri Ad Interim, dengan hormat kami beritahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim selama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi melakukan perjalanan dinas ke luar negeri," demikian isi surat tersebut mengutip detikcom, Minggu (20/8).

Sebelumnya,  Jokowi hari ini bertolak ke Afrika. Jokowi akan berkunjung ke empat negara, yakni Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan.

"Hari ini saya dengan delegasi terbatas akan bertolak menuju ke Afrika. Kami akan berkunjung ke empat negara yaitu Kenya, Tanzania, Mozambik dan Afrika Selatan dan ini merupakan kunjungan pertama saya sebagai Presiden ke kawasan Afrika," kata Jokowi melalui jumpa pers.

Jokowi menjelaskan Indonesia dan Afrika memiliki hubungan historis yang panjang. Sebab, Indonesia merupakan penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia Afrika di tahun 1955.

"Indonesia juga berperan penting dalam melahirkan gerakan non-blok saat itu dan spirit Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan memperkokoh solidaritas dan kerjasama diantara negara-negara global south," tuturnya.

Jokowi melanjutkan, Kenya dan Tanzania tahun lalu juga secara resmi membuka kedutaan besar di Jakarta. Hal itu menunjukkan komitmen kedua negara tersebut untuk terus memperkuat kerjasama dengan Indonesia.

Dan Mozambik adalah negara Afrika pertama di mana Indonesia memiliki PTE, preferential trade agreement," ujar Jokowi.

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju Kenya yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Artikel Terkait