Nasional

Wujudkan Program TJSL, PNM Lakukan Penanaman Mangrove di Lombok NTB

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 23/08/2023 08:39 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia serta menyukseskan gerakan kolaborasi BUMN hijaukan Indonesia, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Mataram menanam 7.000 bibit pohon mangrove di Dusun Cemara, Lembar Selatan, Kabupaten Lombok Barat.

Penanaman mangrove dilakukan dua hari, Jumat dan Sabtu (18-19 September 2023). Kegiatan ini turut dihadiri oleh Munawir Haris Kepala Dusun Cemara yang secara simbolis menerima bibit pohon mangrove jenis rhizophora dan fasilitas penunjang kebersihan. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Ade Cresna Setyawan selaku Pemimpin Cabang PNM Mataram.

Bukan hanya untuk penghijauan, gerakan ini diharapkan mampu mengurangi abrasi dan banjir rob serta memberikan dampak yang baik bagi masyarakat sekitar.

“Penanaman bibit mangrove merupakan bentuk dukungan BUMN untuk penghijauan Indonesia sekaligus pemberdayaan masyarakat sekitar, khususnya nelayan tambak,” papar Ade.

Bibit pohon mangrove yang ditanam di lahan seluas kurang lebih 1 hektar tersebut diharapkan dapat terus tumbuh dan dapat memberikan manfaat yang baik bagi berkembangnya ekosistem air tawar, terutama tambak udang dan kepiting. Sehingga nantinya juga dapat menambah pendapatan masyarakat khususnya nasabah PNM di Dusun Cemara.

“Di NTB sendiri nasabah PNM Mekar yang aktif PNM bina sebanyak 27.696 secara berkelompok. Tentu ini menjadi salah satu ikhtiar kami untuk membantu memberdayakan masyarakat prasejahtera,” demikian Ade.*

Sumber: Suarantb

Artikel Terkait