Opini

Jangan Abaikan Fungsi Sakelar Pemutus Daya Listrik (CB) di Rumah dan Bangunan Anda

Oleh : luska - Kamis, 24/08/2023 08:45 WIB

Penulis : Atmonobudi Soebagio

Sakelar pemutus daya listrik (CB) yang dipasang oleh PLN di rumah/ kantor/ tempat usaha Anda memiliki fungsi sebagai pemutus aliran listrik, apabila penggunaan listrik melampaui batas daya sesuai dengan kelas/katagori sebagai pelanggan listrik PLN.

Sebuah CB akan terbuka secara otomatis apabila penggunaan listrik di rumah Anda melampaui batas dari ketentuan katagori pelanggan listrik. Semakin tinggi katagori atau kelas Anda sebagai pelanggan listrik, semakin besar daya listrik yg dapat Anda gunakan. Tentunya juga semakin besar juga tarif listrik per KWh-nya.

Misalnya, Anda adalah pelanggan listrik dengan daya 900 VA. CB akan terbuka secara otomatis bila penggunaan listriknya melebihi 900 VA.  

Selain sebagai pengaman, terbukanya CB mengisyaratkan kepada pelanggan bhw dia telah menggunakan listrik melewati batas yg telah ditetapkan sesuai katagorinya.

Adakalanya seorang pelanggan listrik menginginkan tambahan daya listrik dengan cara yang salah. 

Cara yang benar adalah dengan menghubungi PLN utk minta dinaikkan daya listriknya; yg berarti dinaikkan katagorinya selaku pelanggan listrik.

Bila disetujui, CB di rumah Anda akan diganti dg CB yang ratingnya lebih besar dari 900 VA, misalnya menjadi 1300 VA.

Yang sering terjadi, adalah adanya  pelanggan listrik yang ingin menaikkan daya listriknya tanpa menghubungi PLN, melainkan dengan memasang kabel di rumahnya yg terhubung ke jaringan PLN tanpa melewati CB yg sdh dipasang PLN.

Kebakaran yang sering terjadi belakangan ini ada yang disebabkan oleh hutan atau pepohonan yg mengalami kekeringan sehingga menjadi mudah terbakar.

Namun,  tidak sedikit jumlah kebakaran akibat hubung singkat listrik yang membuat kabel memanas hingga meleleh dan menimbulkan nyala api. Kebakaran jenis ini umumnya disebabkan oleh ulah oknum pelanggan listrik yg memasang kabel tambahan langsung ke saluran listrik tanpa melalui CB, agar dapat menambah daya listrik bagi rumahnya secara gratis.

Kiranya artikel pendek ini dapat menambah wawasan kita tentang risiko kebakaran akibat penambahan aliran listrik ke rumah secara ilegal.


 

Artikel Terkait