Nasional

Bupati Karo Buka Pelatihan PKU Akbar PNM 2023, Dorong Pelaku Usaha Komitmen Hasilkan Produk Berkualitas

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 28/08/2023 09:38 WIB

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karo, Drs. Kamperas Terkelin Purba, M.Si, membuka secara langsung pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Akbar PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Kabanjahe di Jambur Rudang Mayang, Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe, Sabtu (26/08/2023).

Pada momen itu, Sekda menjelaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo bersama seluruh stakeholder terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian, iklim investasi, dan bidang usaha di Kabupaten Karo bisa berjalan dengan baik, maka untuk menyukseskan hal tersebut, Ia mengajak para pelaku usaha untuk bisa berkomitmen menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

Menurut Sekda, patut diapresiasi peran para UMKM di Kabupaten Karo yang juga menjadi nasabah PT. Permodalan Nasional Madani dalam peningkatan perekonomian daerah dan penyokong pertumbuhan ekonomi nasional, ujarnya.

Ia juga mengapresiasi peran PT. PNM berkontribusi terhadap pemberdayaan UMKM lokal khususnya yang ada di Kabupaten Karo. Sekretaris Daerah menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT. PNM yang senantiasa mendukung para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Karo.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk dukungan PT. PNM Cabang Kabanjahe kepada Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Karo dengan memberikan pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha Akbar serta pedampingan langsung kepada para peserta,” sebut Kamperas Terkelin Purba.

Lebih lanjut, Sekretaris Daerah meminta kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya serta berlatih untuk menambah pemahaman dengan bertanya langsung kepada narasumber yang hadir.

Kegiatan ini melibatkan 1000 Nasabah perwakilan dari beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Karo. Dalam kegiatan ini peserta akan mendapatkan sejumlah materi antara lain Literasi Keuangan Agen Brilink, Tabungan Emas, Aplikasi PNM Digi Nasabah dan Hak Kekayaan Intelektual. Panitia juga menampilkan 10 Booth UMKM Nasabah PT. PNM Cabang Kabanjahe.

Literasi Keuangan dan Literasi Digital

Pemimpin Cabang PT. PNM Kabanjahe, Indra Irawan, mengatakan, kegiatan PKU Akbar ini merupakan program pemberdayaan yang dirancang melalui Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) bagi UMKM se Kabupaten Karo dengan memberikan pelatihan dan Permodalan.

Terdapat tiga macam bantuan permodalan yakni modal pinjaman, modal intelektual (pendampingan usaha) serta modal sosial (membantu jaring sosial dan promosi).

“Pelatihan yang diberikan sendiri berupa literasi keuangan dan literasi digital. Hal ini bertujuan untuk peningkatan wawasan kewirausahaan dalam mengembangkan produknya secara digital, nasabah memahami platform digital yang dapat memperluas pemasaran produknya,” kata Indra Irawan.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pelaku UMKM dan Pemkab Karo atas dukungannya selama ini. Bahkan, Pemkab Karo memberikan fasilitas agar usaha UMKM yang menjadi nasabahnya bisa naik kelas dan terus diberdayakan dan hasilnya meningkat.

Turut hadir, Staf Khusus Menteri Hukum & HAM, Bane Raja Manalu, Pemimpin Cabang PT. PNM Kabanjahe, Indra Irawan, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro pada Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan UKM Kabupaten Karo, perwakilan BRI Cabang Kabanjahe, Pegadaian Cabang Kabanjahe, Lurah Gung Negeri Kabanjahe, Emma Serta Mita Br Sitepu, serta tamu undangan lainnya. 

Sumber: Karosatuklik

Artikel Terkait