Bisnis

Lintasarta Paparkan "Managed Hyperscaler" sebagai Solusi Terbaik untuk Mengelola Operasional Infrastruktur Cloud Perusahaan

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 29/08/2023 17:30 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam era digital saat ini, peran Hyperscaler Cloud menjadi semakin penting bagi perusahaan untuk menjalankan bisnis dengan efisien, terlebih lagi pemain besar pada Hyperscaler cloud adalah Google Cloud dan AWS Cloud yang sudah tidak asing di telinga.

Dalam mengelola operasional infrastruktur Cloud terutama Hyperscaler yang dijalankan pada Google Cloud dan AWS Cloud, perusahaan seringkali mengalami berbagai tantangan. Oleh karena itu, Lintasarta hadir dengan solusi Managed Hyperscalers, solusi Managed Service yang menyediakan ahli pengelolaan infrastruktur Cloud yang berfokus pada kekuatan Google Cloud Platform (GCP) dan Amazon Web Service (AWS).

Managed Hyperscalers dari Lintasarta menawarkan pengelolaan komprehensif dari database, DevOps, Kubernetes, service mesh, API gateway, dan infrastruktur data, memberikan operasional yang mulus dan kinerja yang optimal. Ingin tahu Lintasarta Managed Hyperscaler lebih lanjut atau ingin langsung menerapkannya? Silakan hubungi kami.

Dalam artikel ini, Lintasarta akan membahas beberapa tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dalam mengelola infrastruktur cloud mereka, serta bagaimana Managed Hyperscalers dapat membantu mengatasi tantangan tersebut.

Tantangan Mengelola Hyperscaler Cloud
Penerapan Cloud tidak luput dari beberapa kendala. Umumnya ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh para pengelola IT, di antaranya adalah sebagai berikut:

• Monitoring & Alerting:
Pemantauan beban kerja dan pemberitahuan kontekstual (contextual alert) merupakan hal yang penting dalam mengelola Hyperscaler Cloud. Namun, perusahaan seringkali mengalami kesulitan dalam melakukan hal ini, sehingga menyebabkan masalah dalam kinerja sistem.

Acceleration Adoption: Kurangnya panduan atau pengetahuan mengenai Hyperscler Cloud khususnya di Google Cloud dan AWS Cloud masih menjadi kendala bagi banyak perusahaan.

Boost Productivity: Integrasi manual dan skalabilitas merupakan tantangan lain yang dihadapi oleh perusahaan dalam mengelola Hyperscaler Cloud. Perusahaan seringkali mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan dan melakukan skalabilitas pada Hyperscaler cloud mereka dengan infrastruktur lainnya.

Talent Shortage: Pengelolaan Hyperscaler Cloud pada Google Cloud dan AWS Cloud memerlukan sumber daya atau staf yang bersertifikat. Namun, cenderung mahal dan sulit dicari. Di 2022, penelitian International Labour Organization (ILO) mengutarakan kekurangan keterampilan TIK di tujuh negara, termasuk Indonesia.

Performance, Availability, & Complexity:
Performa dan availability merupakan tantangan lain yang dihadapi oleh perusahaan dalam mengelola Hyperscaler Cloud mereka. Selain itu, kompleksitas dari Hyperscaler cloud juga perlu diperhatikan karena infrastruktur dan layanan yang sangat skalabel membuat pengelolaan layanan menjadi lebih rumit.


Lintasarta Managed Hyperscalers
Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, Lintasarta menyajikan solusi Managed Hyperscaler, yaitu pengelolaan komponen Hyperscaler Cloud secara proaktif dan sesuai dengan SLA yang telah ditetapkan. Selain itu, Lintasarta Managed Hyperscaler juga dapat membantu dalam mengontrol akses ke lapisan data, mendeteksi akses yang tidak sah, serta mengelola serangan siber.

Tidak berhenti di situ, Lintasarta Managed Hyperscaler juga dilengkapi dengan fitur Automation yang dapat membantu mencapai otomatisasi penyebaran melalui penggunaan alat-alat open source dan Cloud Native.

Untuk menjaga kinerja, biaya, dan keamanan yang optimal dari Cloud, Lintasarta Managed Hyperscaler menawarkan layanan audit berkala, tinjauan kesehatan, dan cadence call. Solusi ini juga dapat membantu dalam pengelolaan backup dan komponen disaster recovery sesuai dengan arsitektur yang telah diterapkan.

Penerapan Managed Hyperscaler untuk Industri Perbankan
Adopsi teknologi Cloud semakin meningkat, cloud dapat membantu mewujudkan potensi penuh dari upaya transformasi digital yang sampai saat ini dilakukan pada industri perbankan. Dalam industri perbankan, cloud dapat disesuaikan dengan kebutuhan seperti dapat mengoptimalkan operasional, meningkatkan efisiensi, dan memberikan customer experience terhadap pelanggan.

Survei eksekutif B&CM AS mengungkapkan bahwa sebagian besar (95%) mengganggap cloud sebagai landasan strategi digital dan percaya bahwa cloud dinilai sangat penting untuk menggerakkan pendapatan dan mempertahankan posisi yang kuat di pasar. Selain itu, cloud dinilai juga sebagai kombinasi teknologi lain misalnya Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), serta Analytics.

Jadi apa yang harus dilakukan perbankan untuk membantu mengatasi tantangan transformasi digital ini dan memanfaatkan potensi sebenarnya dari cloud? Cloud beserta Hyperscaler-nya terus mengalami perkembangan pesat, terutama dalam hal digitalisasi, pemrosesan data, dan komunikasi.

Ketiga hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan Hyperscaler Cloud. Tapi penggunaan Hyperscaler Cloud terkadang tidak semulus yang diharapkan, seperti yang sudah disampaikan di atas. Salah satu solusi untuk mengatasi tantangan ini adalah dengan menggunakan Managed Hyperscaler.

Managed Hyperscaler memungkinkan perusahaan perbankan untuk mengelola data dengan lebih baik, meningkatkan efisiensi bisnis, dan memenuhi tantangan industri perbankan saat ini. Solusi ini juga membantu dalam memastikan ketersediaan dan keamanan data, serta mempercepat komunikasi dan kolaborasi di dalam organisasi.

Namun, kekhawatiran yang muncul adalah kurangnya pengetahuan dan keahlian dalam mengadopsi solusi ini, serta kekurangan sumber daya bersertifikat yang dapat mengelola dan mengoperasikan solusi tersebut. Lintasarta, sebagai penyedia Managed Hyperscalers, dapat memberikan solusi atas masalah ini. Managed Hyperscalers dari Lintasarta menyediakan ahli pengelolaan infrastruktur Cloud, dengan memanfaatkan kekuatan GCP dan AWS. Lintasarta

Managed Hyperscalers menawarkan pengelolaan yang komprehensif dari berbagai aspek seperti database, DevOps, Kubernetes, service mesh, API gateway, dan infrastruktur data, sehingga memberikan kinerja yang optimal dan operasional yang lancar. Dalam hal ini, Lintasarta sebagai penyedia Managed Hyperscalers dapat membantu perusahaan perbankan dalam mengadopsi solusi ini, meningkatkan produktivitas dan profitabilitas.

Berbagai berita terbaru dan informasi produk unggulan Lintasarta dapat dengan mudah diakses pada akun media sosial Instagram: @lintasarta.official dan LinkedIn: Lintasarta, serta situs resmi Lintasarta www.lintasarta.net.

Sejak 1988, Lintasarta merupakan penyedia Komunikasi Data, Internet dan IT Services untuk berbagai sektor industri. Saat ini Lintasarta telah melayani lebih dari 2.400 pelanggan korporasi dengan lebih dari 35.000 jaringan yang meliputi layanan komunikasi data fiber optic, jaringan satelit, managed security & collaboration, data center dan DRC, cloud computing, managed services, e-Health dan solusi total komunikasi data dengan jaminan ketersediaan koneksi jaringan (SLA) sebesar 99%, 99,9% dan 99,99% sesuai kebutuhan para pelanggannya.

Layanan profesional kami didukung oleh lebih dari 1.000 staf berpengalaman diantaranya memiliki sertifikasi Internasional yang tersebar di lebih dari 54 kota di Indonesia. Infrastruktur Lintasarta berbasis platform jaringan Next Generation Network (NGN). Untuk jaminan mutu layanan Lintasarta telah memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015, ISO 27001:2013, ISO 20000-1:2011, ISO 14001:2015, OHSAS 18001:2007, PCI DSS, CMSP (Cisco Managed Service Partner), dan SMK3 PP 50/2012.

Artikel Terkait