Gaya Hidup

VVC Dukung Uji Emisi, Ketum: Bisa jadi Kebanggaan, Tua tapi Lolos Uji

Oleh : rio apricianditho - Sabtu, 02/09/2023 15:27 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Volks Wagen Club (VVC) memandang upaya pemerintah mengurangi polusi dengan uji emisi, harus didukung seluruh masyarakat khususnya komunitas mobil. Uji emisi bukan hanya chek mesin kendaraan tapi juga bisa menjadi kebanggaan karena mobil klasik seperti seperti VVC, meski tua tapi lolos uji emisi.

Hal itu diungkap Irjen Pol (Purn) Pudji Hartanto Ketua Umum VVC saat ditemui di Festivak Auto Speed, Sentul, Bogor. Menurutnya, baik pribadi maupun suara komunitas, ia mendukung uji emisi yang dilakukan pemerintah dalam hal ini pihak kepolisian, uji emisi tujuannya untuk mengurangi pencemaran udara.

"VVC memang merupakan klub mobil klasik, tapi pihaknya mengerti apa itu dan manfaatnya uji emisi. Kami juga tidak tiap hari memakai mobil klasik, hanya saat weekend atau acara komunitas. Kami mencintai mobil klasik maka kami pun merawat mesin secara berkala", paparnya.

Dikatakan, adanya mobil tua yang masih ada, sebenarnya tidak terlalu berpengaruh karena mobil tersebut mereka koleksi dan selalu dirawat. Dirinya juga setuju apabila kendaraan tua dikenakan pajak lebih tinggi, bila tak lolos uji emisi. Baginya mobil tua itu vintage yang layak dikoleksi.

VVC sendiri akan melakukan uji emisi untuk seluruh anggotanya, meski kegiatan itu tak direncanakan namun ketika mereka menggelar even kumpul bareng sesama anggota. Di VVC sendiri mempunyai mekanik yang dipercaya merawat kendaraan para anggota, yang biasanya memeriksa mobil anggota VVC.

Pensiunan Jendral Polisi ini yakin, kendaraan anggotanya bila dilihat langsung, tak ada satupun yang mengeluarkan asap pada knalpotnya. Karena rata-rata mesinnya menggunakan bahan bakar bensin bukan jenis solar.

Selain punya mekanik yang paham dengan mesin VW, komunitas ini juga berbagi info mengenai sparepart atau asesoris VW klasik. Tak seluruh anggota mudah mencari onderdil maupun asesoris VW klasik mereka, dengan adanya klub ini mereka bisa berbagi informasi dan pengetahuan.

Diajang Festival Auto Speed, anggota VVC lah selaku penggagasnya bersama 3 orang diluar klub VVC. Karena itu selaku Ketua Umum VVC ia berharap, VVC membantu pemerintah dalam hal keselamatan berkendera, dan setiap kegiatan seperti ini harus dibarengi dengan kegiatan sosial. Kita kumpul bukan hanya senang-senang tapi juga memikirkan saudara-saudara kita yang masih kekurangan.

Artikel Terkait