Nasional

Menteri Luar Negeri ASEAN Sepakat Rekomendasikan ASEAN Concord IV

Oleh : very - Senin, 04/09/2023 21:10 WIB

Menlu Indonesia Retno Marsudi menghadiri Pertemuan Dewan Koordinasi ASEAN (ACC) di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (4/9/2023) (Foto: Kemlu RI/Aditya Pradana Putra/pras)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Para Menteri Luar Negeri ASEAN sepakat merekomendasikan ASEAN Concord IV untuk disahkan di pertemuan KTT ke-43 ASEAN.

Kesepakatan itu menjadi salah satu hasil pertemuan ASEAN Coordinating Council (ACC) di Jakarta (4/9/2023).

Penyusunan ASEAN Concord IV merupakan usulan Indonesia. Dokumen ini akan menjadi fondasi untuk penyusunan Visi Masyarakat ASEAN 2045, memperkuat ASEAN agar dapat mengatasi berbagai tantangan masa depan.

“Tantangan yang kita hadapi saat ini sudah besar. Namun tantangan yang akan kita hadapi di masa depan akan semakin besar. Apakah ASEAN bisa terus maju atau tidak tergantung pada kita semua,” kata Menlu, Retno Marsudi, saat memimpin pertemuan ACC seperti dikutip dari siaran pers Kemenlu.

Dia menambahkan, agar bisa terus maju dan tetap relevan, ASEAN harus bisa mengambil keputusan berani. Perbedaan di antara anggota tidak boleh menjadi penghalang kemajuan ASEAN.

Untuk itu, dalam KTT ke-43 juga akan diadopsi keputusan terkait percepatan pembuatan keputusan di saat krisis dan penguatan kapasitas ASEAN untuk menghadapi tantangan baru.

Pada pertemuan ini, negara-negara anggota ASEAN menyampaikan apresiasi terhadap kinerja High-Level Task Force (HLTF). Mereka sepakat memberikan dukungan prinsip terhadap dokumen Visi ASEAN Community 2045.

Penyusunan Visi Masyarakat ASEAN 2045 telah mulai dikerjakan tahun 2023 oleh HLTF on the ASEAN Community’s Vision 2045 di bawah keketuaan bersama Indonesia dan Malaysia. Visi tersebut akan disahkan pada tahun 2025.

Artikel Terkait