Nasional

Upaya Dekranas Apresiasi dan Menaikkan Kelas UMKM Lewat Penghargaan

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 12/09/2023 16:21 WIB

Ketua Panitia Dekranas Award, Liza Mustafa Abubakar dalam diskusi bertajuk “Persaingan UMKM di Kancah Global” yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Jakarta, Senin, 11 September 2023

Jakarta, INDONEWS.ID - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) rutin menggelar pameran dan memberikan apresiasi melalui ajang penghargaan tahunan atau award untuk  pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Dalam diskusi bertajuk “Persaingan UMKM di Kancah Global” yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Jakarta, Senin, 11 September 2023, Dekranas menyebut, kegiatan pameran menjadi medium penyambung antara perajin dan pelaku UMKM dengan konsumen dan selera pasar.

Ketua Panitia Dekranas Award, Liza Mustafa Abubakar mengatakan bahwa pihaknya rutin mengadakan Dekranas Award bekerjasama dengan Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan setiap dua tahun sekali. Penghargaan ini sebagai langkah apresiasi sekaligus untuk mendorong pelaku UMKM nasional naik kelas, terutama agar lebih dikenal ke kancah internasional.

“Baik dia perajin, produsen, maupun desainer, yang membuat produk kerajinan dari bahan asli Indonesia, nanti dinilai oleh juri yang profesional. Sebagai hilirnya, pemenang award ini akan selalu dibawa oleh Kementerian Perdagangan untuk ikut pameran, termasuk pameran di luar negeri. Dari sisi marketingnya, diperhatikan, dibantu pemasarannya,” papar Liza.

Oleh karena itu, dengan skema seperti ini pihaknya meyakini bahwa imbas positif penyelenggaraan pameran dan award dari Dekranas selama 6 tahun terakhir telah membawa pelaku UMKM berkembang.

“Dalam pameran Kriyanusa 2023, kami menilai stand terbaik, karya-karya terbaik, dan hasil produk mereka yang potensial, itu kami berikan apresiasi. Sehingga memotivasi para perajin dan pelaku UMKM ini untuk terus berinovasi,” tuturnya.

Di Dekranas, ujar Liza, para perajin dan pelaku UMKM kerajinan mendapatkan pelatihan yang rutin, baik strategi promosi dan pemasaran maupun peningkatan kualitas dan desain produk yang inovatif agar dapat diminati dan diterima masyarakat.

Selanjutnya, Dekranas juga melakukan kurasi kepada produk-produk kerajinan yang akan diikutsertakan ke dalam pameran. Sampai dengan saat ini, pihaknya telah mengkurasi produk-produk kerajinan di 6 provinsi.

“Pada saat mengurasi itu, kami juga memberi masukan kepada mereka. Jadi kita dorong mereka menghasilkan produk yang sesuai dengan selera pasar, dan tidak membawa yang tidak disukai oleh pasar,” sambung Liza.

Adapun untuk tahun ini, Dekranas akan menggelar Pameran Kriyanusa 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, mulai 13 September sampai 17 September 2023.

Pameran Kriyanusa 2023 merupakan pameran besar berskala nasional yang digelar secara reguler setiap tahun dengan misi untuk melestarikan dan mendorong pengembangan hasil produk kriya UMKM Perajin Indonesia.

Melalui ajang pameran kali ini, pihaknya berharap para perajin dapat saling belajar, baik dari sesama peserta pameran maupun dari konsumen, untuk melatih diri dan mengembangkan ilmu demi mendorong kualitas dan pemasaran produk-produk hasil kerajinan dalam negeri.

“Marilah kita mencintai produk Indonesia. Bagaimana caranya mengimplementasikan, mari kita mengingat perajin yang selalu berkreasi, dan kita beli hasil-hasil karya mereka. Dan bagi perajin, mari kita terus berkreasi dan terus berinovasi,” ujarnya.

“Untuk Dekranas Award 2023 kali ini, kita sudah menerima 370 produk. Penilaiannya sedang berjalan. Dan marilah kita berkreasi untuk lebih baik lagi ke depannya dan semakin dicintai oleh masyarakat luas,” tutup Liza.

Artikel Terkait