Nasional

Temui Ditjen Bimas Hindu, KMHDI Dukung Terbitnya PP dan PMA Pasraman Widyalaya

Oleh : Mancik - Jum'at, 29/09/2023 14:34 WIB

Audiensi Pengurus Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI) periode 2023-2025 dengan Ditjen Bimas Hindu Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) I Nengah Duija.(Foto:Ist)

INDONEWS.ID - Pengurus Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI) Periode 2023-2025 melakukan audensi dengan Ditjen Bimas Hindu Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) I Nengah Duija, bertempat di Kantor Kementrian Agama, Jakarta, Rabu (27/09/2023).

Pada kesempatan itu PP KMHDI memperkenalkan komposisi pengurus baru masa bhakti 2023-2025 yang telah terbentuk usai pelaksaan Mahasabha atau Musyawarah Nasional (Munas) KMHDI XIII di Palu, Sulawesi Tengah.

"Pertemuan hari ini dengan Ditjen, kami agendakan untuk memperkenalkan pengurus baru yang telah terbentuk paska kegiatan Mahasabha XIII KMHDI di Palu kemarin," terang Ketua Umum PP KMHDI I Wayan Darmawan.

Disamping memperkenalkan pengurus, pada kesempatan itu juga PP KMHDI menyampaikan sejumlah isu terkait umat Hindu, salah satunya mendorong terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Menteri Agama (PMA) yang mengatur tentang Pasraman Widyalaya

Menurut Darmawan, terbitnya PP dan PMA tentang Pasraman Widyalaya akan memberikan angin segar bagi penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) Hindu, terutama dalam menyosong Indonesia emas 2045.

"Sebagai salah satu elemen bangsa, tentu umat Hindu, terutama generasi muda Hindu berkewajiban terus meningkatkan kapasitasnya guna menyosong Indonesia emas 2045. Dengan adanya PP Pasraman Widyalaya peningkatan kapasitas SDM Hindu bisa lebih cepat dilakukan," terang Darmawan.

Lebih jauh pada kesempatan yang sama, PP KMHDI juga mengajak Bimas Hindu untuk berkolaborasi melakukan optimasilasi pelaksanaan KMHDI Mengajar dengan melibatkan mahasiswa PTKH di Indonesia.

"Program kerja KMHDI mengajar adalah aksi nyata KMHDI seluruh Indonesia dalam rangka penguatan SDM Hindu, terutama yang ada di pelosok-pelosok daerah 3T," terangnya.

Darmawan menjelaskan saat ini generasi muda Hindu, terutama yang berada di daerah-daerah 3T (tertinggal, terluar dan terdepan) masih sangat terbelakang, terutama dalam hal pendidikan. Sehingga perlu ada bimbingan dan perhatian kepada mereka agar mereka dapat berkembang dan maju.

Sementara itu Ditjen Bimas Hindu Nengah Duija menyambut baik kedatangan Pengurus Puusat KMHDI. Ia berharap kedepan kolaborasi-kolaborasi berkaitan dnegan penguata umat Hindu dapat dilakukan bersama.

"Saya sangat menyambut baik kedatangan pengurus KMHDI. Mudah-mudahan kedepan kita bisa berkolaborasi dalam satu gerakan penguatan umat Hindu," ungkap Nengah Duija.*

TAGS : PP KMHDI

Artikel Terkait