Nasional

SiCepat Ekspres Bantu UMKM Kelola Pembukuan yang Tepat Melalui Webinar Sanubari

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 03/10/2023 16:40 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - SiCepat Ekspres kembali menghadirkan webinar Sanubari (Siap Bangkit Untuk Negeri) bertajuk ‘’Buat Laporan Keuangan Bisnis UMKM dengan Ms. Excel’’ melalui aplikasi Zoom pada Jumat (29/9). Berkolaborasi bersama Kelas Work, SiCepat menggandeng Luna Yofanda selaku Financial Accountant PT Risco Kapital Utama untuk membagikan ilmunya tentang pentingnya membuat laporan keuangan dan pembukuan yang akurat bagi para pelaku bisnis.

Wiwin Dewi Herawati selaku Chief Marketing & Corporate Communication Officer SiCepat Ekspres mengatakan bahwa melalui program webinar Sanubari, SiCepat Ekspres terus berbagi ilmu pengetahuan untuk keberlangsungan bisnis para online seller. Salah satunya adalah tentang peran penting pembukuan yang berfungsi sebagai landasan yang kuat dalam perencanaan aspek finansial agar laporan keuangan dapat terekam secara rinci.

“Dengan adanya webinar Sanubari ini, tentunya SiCepat Ekspres berharap para online seller bisa membuat pembukuan yang berfungsi sebagai fondasi untuk perencanaan keuangan yang matang dalam pengembangan bisnis. Sehingga nantinya para online seller bisa membuat laporan keuangan yang benar demi keberlangsungan bisnis ke depannya,” jelas Wiwin.

Rangkaian Sanubari Sesi 4 kali ini, SiCepat Ekspres memberikan edukasi melalui pembukuan, semua aspek finansial dari proses produksi hingga biaya operasional bisnis dapat terdokumentasi dengan baik. Pembukuan yang akurat memberikan pemilik usaha gambaran yang jelas mengenai alokasi dana dan pengeluaran yang diperlukan.

Dalam webinar yang dihadiri lebih dari 100 partisipan ini,  Luna Yofanda menyampaikan bahwa pembukuan menjadi hal yang esensial bagi semua pelaku usaha baik skala kecil maupun besar. Sebab, pembukuan yang tepat dan akurat dapat membantu seller untuk mengatur, mengidentifikasi masalah, dan menghindari potensi kesalahan finansial yang dapat terjadi selama menjalankan bisnis.

“Dengan adanya pembukuan yang baik sejak awal bisnis, maka sebuah usaha kecil yang sedang berkembang akan bisa mengetahui dan memiliki kekuatan finansial yang sehat dan terukur. ” kata Yola.

Selanjutnya, Yola juga membagikan kiat-kiat penting dalam mengelola laporan keuangan yang baik, mulai dari pengetahuan tentang beragam jenis laporan keuangan, pentingnya mencatat transaksi keuangan dalam bisnis, perbedaan konsep debet dan kredit, hingga tahapanpembuatan laporan keuangan menggunakan Ms Excel.

Selain itu, Fanny yang hadir sebagai salah satu peserta sekaligus online seller mengatakan jika Webinar Sanubari SiCepat Ekspres menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat bagi pelaku usaha. Apalagi materi yang dibawakan sesuai dengan kebutuhan oleh pelaku usaha dari segi operasional hingga produksi.

“Kegiatan Webinar Sanubari SiCepat ini tentu sangat bermanfaat bagi pelaku usaha. SiCepat Ekspres pun membuktikan bisa memberi wadah bagi para online seller untuk bisa berkembang lebih baik dan naik kelas dengan berbagai pengetahuan yang diberikan,” kata Fanny.

Sebelumnya, SiCepat Ekspres juga telah menggelar webinar Sanubari Sesi 3 yang membagikan tips hemat bertemakan ‘’Rahasia Jualan Cuan, Minim Biaya Operasional’’ pada Kamis (24/8/23). Melalui rangkaian Sanubari Sesi 3 ini, SiCepat Ekspres ingin memberikan edukasi kepada pelaku usaha agar dapat mengoptimalkan kegiatan operasional mereka dengan lebih baik melalui manajemen anggaran yang tepat.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Sanubari SiCepat Ekspres bisa diakses melalui lini masa sosial Instagram @sicepat.sanubari, @sicepat_ekspres, dan @sahabatsicepat. Serta melalui website dan blog resmi milik SiCepat Ekspres di www.sicepat.com dan www.sahabatsicepat.com.

Artikel Terkait