Bisnis

Pasar Rakyat Kanwil KP Jaksel II, Wujud Pembinaan UMKM dan Sosialisasi Program

Oleh : rio apricianditho - Sabtu, 07/10/2023 11:17 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Kanwil Dirjen Pajak Jakarta Sekatan II menggelar pameran UMKM, sekaligus sosialisasi program anyar Kementerian Keuangan 'Transformasi' ke masyarakat pelaku usaha. Menurut Kepala Kanwil Jaksel II, pameran UMKM bertajuk pasar rakyat merupakan upaya pihaknya melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha kecil dan menengah.

Pasar rakyat digelar di taman Langsat, Jakarta Selatan, puluhan UMKM binaan Kanwil Jaksel II, Jakpro, dan Kodim 0502 Jakarta Selatan ikut meramaikan pasar rakyat DJP Jakarta Selatan II. Pameran berlangsung selama dua hari (7-8/10), juga dimeriahkan panggung hiburan.

Kepala Kanwil KP Jakarta Selatan II Neilmadrin Noor mengatakan, Kementerian Keuangan punya program baru yaitu 'Transformasi' yang memudahkan wajib pajak melakukan kewajibannya. 

Sebelumnya Neil pernah mengatakan, alasan kenapa UMKM menjadi pilihan untuk sosialisasi 'transformasi', menurutnya kenapa pihaknya membina dan mensosialisasi UMKM karena selama ini belum paham bagaimana pembayaran pajak untuk usaha kecil dan menengah.

Untuk itu, pihaknya membina UMKM mulai dari pengelolaan manajemen, promosi, dan pemasaran. Harapannya saat pelaku usaha kecil bisnisnya tumbuh, mereka tak bingung lagi bagaimana melakukan kewajiban dalam membayar pajak.

Sementara Kanwil Jaksel II memiliki 9 kantor cabang, disetiap kantor tersebut disediakan tempat untuk para pelaku usaha menjajakan dagangannya. Lokasi dikenal dengan 'Pojok UMKM'. Itulah bagian dari pembinaan Kantor Pajak Wilayah terhadap pelaku usaha.

Dengan demikian, Kepala Kanwil KP Jaksel II berharap seluruh pelaku usaha bertumbuh, khususnya UMKM binaan DJP. Kontribusi mereka diharapkan masyarakat untuk pembangunan segala hal yang dirasakan kembali oleh masyarakat. Pajak mendukung kemajuan negara dan bangsa.

Artikel Terkait