Nasional

Hadiri Pembukaan ‘World Taikai Tokyo’ 2023, Dubes Heri Akhmadi Berharap Olahraga Kempo menjadi Penguat Hubungan Indonesia dan Jepang

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 09/10/2023 08:39 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi sampaikan partisipasi Indonesia di Kejuaraan Dunia Kempo ‘World Taikai Tokyo’ bukti nyata kuatnya hubungan antarbangsa Indonesia - Jepang.

Hal itu dikatakan Dubes Heri saat menghadiri pembukaan Kejuaraan Dunia Kempo ‘World Taikai Tokyo’ 2023 yang digelar oleh World Shorinji Kempo Organization (WSKO) di Nippon Budokan, Tokyo, pada Minggu 8 Oktober 2023.

Turut hadir dalam kegiatan ini salah satu Pendiri Shorijin Kempo Indonesia Indra Kartasasmita, Ketua Umum Pengurus Besar Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PB PERKEMI) Laksmana Madya (Purn) Agus Setiadji dan Ketua Bidang Hubungan dan Kerja Sama Luar Negeri KONI Pusat Galih Kartasasmita.

"Saya harapkan Kempo bisa menjadi jembatan yang lebih kuat lagi hubungan antara Indonesia Jepang. Dulu pernah ada latihan kempo di Sekolah RI Tokyo. Kita harapkan dalam waktu dekat kita dapat hidupkan kembali. Selamat bertanding. Raih prestasi terbaik," ujar Dubes Heri.

President of the World Shorinji Kempo Organization (WSKO) Kouma So dalam sambutan pembukaan Kejuaraan Dunia Kempo ‘World Taikai Tokyo’ 2023 mengapresiasi keikutsertaan seluruh peserta dalam kejuaraan yang berlangsung pada 6 – 13 Oktober 2023.

"Terima kasih kepada semua peserta dari berbagai negara negara. Semoga kejuaraan ini mampu menjalin persahabatan semua negara yang akan kita ingat bersama. Kejuaraan ini tidak hanya mencari medali atau hasil, tapi lebih dari itu kita dapat raih kepercayaan diri dan persahabatan dan percaya diri," tegas Kouma So.

Pendiri Shorijin Kempo Indonesia Indra Kartasasmita mengaku bangga dengan keikutsertaan 153 kenshi (atlet Kempo) Indonesia dalam ajang Kempo berskala internasional ini.

"Saya sungguh bangga dengan kenshi-kenshi Indonesia. Saya mulai melatih Kempo di Indonesia pada 1966. Sejak tahun 1961 saya berlatih Kempo di Jepang. Saya ingin generasi sekarang bukan hanya menang di pertandingan tapi juga menumbuhkan kerja sama antar negara yang lebih baik demi nama harum Indonesia," kata Indra.

Sementara itu Ketua Bidang Hubungan dan Kerja Sama Luar Negeri KONI Pusat Galih Kartasasmita berharap kejuaraan ini dapat menyatukan masyarakat dunia khususnya Indonesia dengan Jepang.

"Olah raga mampu menyatukan rakyat dunia. Olah raga adalah salah satu yang bisa menjadi jembatan hubungan antar negara. Indonesia dan Jepang saya yakini bisa lebih baik hubungannya khususnya di bidang olah raga. Sangat membanggakan dalam even ini Indonesia hadir dalam jumlah peserta yang lebih banyak," pungkas Galih.

Dalam kejuaraan dunia bergengsi yang diikuti 39 negara ini sebanyak 153 kenshi Shorinji Kempo Indonesia siap berlaga dalam ajang International ini.

Para atlet nantinya akan turun di 19 nomor pertandingan. PB Perkemi dalam ajang ini menargetkan posisi runner up dengan tujuh medali emas dalam kejuaraan ini. World Taikai 2023 digelar empat tahun sekali dan pertama kali di selenggarakan pada 1974.

Artikel Terkait