Nasional

Wapres: Penting Bagi Pendukung Capres Wujudkan Pemilu Damai

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 19/10/2023 17:44 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Wakil Presiden RI Ma`ruf Amin menekankan pentingnya peran pendukung calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang damai.

"Bagi mereka pendukung masing-masing pihak jangan ada saling kemudian ya menghina. Mereka boleh menjual calonnya tapi tidak menjelekkan calon yang lain, yang berpotensi terjadinya...ini para pendukung ini penting," kata Wapres usai menghadiri Ikrar Merajut Keberagaman Nusantara di GOR Serbaguna Pemprov Sumut, Deli Serdang, Sumatra Utara, Kamis.

Wapres mengingatkan bahwa seiring masuknya tahun politik, tentu banyak isu hangat yang menjadi perbincangan publik.

Oleh karena itu, ia meminta pendukung dan kontestan untuk memperbanyak narasi-narasi kerukunan, bukan narasi konflik atau permusuhan yang justru berpotensi memecah persatuan bangsa.

"Para kontestan ini harus membuat pakta integritas untuk tidak melakukan hal-hal yang ucapan, tindakan, provokasi, narasi-narasi itu jangan sampai menggunakan narasi yang mengarah terjadinya potensi konflik ataupun kebencian," ujar Ma`ruf.

Selain kepada pendukung dan kontestan capres-cawapres, Wapres juga meminta para pimpinan partai menjaga Pemilu 2024 berjalan dengan baik dengan permainan politik yang bersih dan jujur.

Begitu juga dengan pelaksana penyelenggara Pemilu, yakni KPU, Bawaslu dan DKPP harus berlaku adil, tidak memihak dan berpegang pada aturan yang benar.

Ma`ruf turut meminta aparatur sipil negara (ASN), pemerintah daerah, hingga penegak hukum bersikap netral terhadap kontestan.

"Kalau semua ini bisa kita lakukan dengan baik, Insya Allah Pemilu berjalan dan...selamat," kata Wapres.

 

 

Artikel Terkait