Nasional

Wapres Amin Undang 3 Cawapres Bertemu untuk Redam Konflik di Bawah

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 31/10/2023 15:35 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Wakil Presiden Ma`ruf Amin mengundang tiga bakal calon wakil presiden yang akan maju di Pilpres 2024 untuk bertemu dalam waktu dekat.

Tujuannya adalah menunjukkan kepada publik bahwa para kandidat tidak saling berselisih. Oleh karena itu, para pendukung pun harus menjaga kedamaian.

"Tentu pembicaraannya kita meredam konflik di bawah. Karena bagaimanapun di bawah kan bagaimana di atasnya, dari kontestan ini. Baik itu parpol, capres-cawapres maupun tim pemenangan masing-masing," kata Ma`ruf di Jambi seperti disiarkan di kanal YouTube Wakil Presiden RI, Selasa (31/10).

Meski begitu, Ma`ruf belum dapat memastikan kapan pertemuan tiga cawapres dengan dirinya akan berlangsung. Sebab, ia mengatakan para cawapres itu kini sedang sibuk keliling k berbagai daerah.

"Hari-hari ini kita lakukan lobi-lobi bagaimana mereka tiga-tiga bisa di Jakarta, karena yang satu di Jateng, di Jatim yang satu di Papua," kata dia.

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar merupakan tiga pasang capres-cawapres yang akan berlaga di Pilpres 2024.

Semuanya sudah didaftarkan ke KPU oleh koalisi partai masing-masing. Mereka pun telah dinyatakan memenuhi syarat kesehatan oleh KPU atas bantuan tim dari RSPAD, Jakarta.

Sebelumnya, pertemuan antara para cawapres dan Ma`ruf Amin diungkapkan oleh bakal capres Ganjar Pranowo. Pernyataan itu disampaikan Ganjar usai bertemu Presiden Joko Widodo, bersama dua bakal capres pesaingnya, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Tiga capres itu diundang makan siang oleh Presiden Jokowi di Istana pada Senin kemarin (30/10).*

 

Artikel Terkait