Nasional

Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro Tekankan Peran Penting Pamong Praja di Latsar CPNS Purna Praja IPDN

Oleh : Mancik - Kamis, 19/10/2023 20:56 WIB

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro (Foto:Puspen Kemendagri)

INDONEWS.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro menekankan peran penting pamong praja lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Hal itu disampaikannya saat membuka Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi Purna Praja IPDN Angkatan XXIX Gelombang II Tahun 2023 di Resimen Induk Kodam Jayakarta (Rindam Jaya), Jakarta, Kamis (19/10/2023). Kegiatan ini digelar oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri.

Suhajar menegaskan, pamong praja berperan penting sebagai perekat sekaligus mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, peran yang diemban pamong praja tak kalah penting dengan peran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam menjaga kesatuan dan persatuan NKRI. Karena itu, dirinya menekankan para peserta agar memahami peran tersebut.

Lebih lanjut, Suhajar juga menyoroti pentingnya peran pamong praja dalam membantu daerah menyusun rencana pembangunan yang selaras dengan pemerintah pusat.

Ini mengartikan bahwa para pamong praja memiliki tugas utama dalam memastikan setiap langkah pembangunan daerah selaras dengan visi dan misi negara.

“Siapa yang mengawal rencana pembangunan daerah agar in line dengan rencana pembangunan pemerintah Bapak Presiden? Siapa yang menyusunnya? yang menyusunnya adalah pegawai-pegawai pemerintah daerah, dan Anda ada di dalamnya,” jelasnya di hadapan para peserta.

Lebih lanjut, Suhajar menegaskan, tugas pamong praja tidak hanya terbatas pada wilayah kota-kota besar. Namun, mereka memiliki tanggung jawab untuk membantu jalannya pemerintahan di daerah-daerah terpencil dan pedalaman yang seringkali memiliki tantangan tersendiri.*

TAGS : Praja IPDN

Artikel Terkait