Nasional

Indonesian Cultural Night 2023 Menghadirkan Kebudayaan dan Keindahan Indonesia

Oleh : luska - Minggu, 29/10/2023 20:30 WIB

Swedia, INDONEWS.ID – KBRI Stockholm hadir kembali dengan Indonesian Cultural Night 2023 yang kali ini digelar di Folk Mat & Möten di kota Malmö yang merupakan kota terbesar ke-tiga di Swedia. Acara tahunan KBRI Stockholm ini diselenggarakan sebagai ajang untuk mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat Swedia dan juga warga asing lainnya yang berdomisili di Swedia. Harapannya dengan adanya kegiatan ini Indonesia akan semakin terkenal di Swedia dan di Eropa serta mampu meningkatkan angka kunjungan pariwisata ke Indonesia, mengingat kota Malmo berbatasan dengan Denmark dan merupakan jembatan penghubung Swedia dengan wilayah Eropa lainnya.

Acara ini dihadiri oleh 200 tamu undangan yang terdiri dari kalangan pengusaha, pejabat pemerintah, diplomatik, akademisi, dan mahasiswa.

Kegiatan dimulai dengan Fika Reception atau sebuah mini-resepsi di mana para tamu dapat saling berinteraksi sembari menikmati jajanan khas Indonesia dan merasakan suguhan teh dan kopi unggulan Indonesia. Fika adalah budaya minum kopi pada sore atau pagi hari di sela-sela antara waktu sarapan, makan siang, dan makan malam. Kopi Indonesia yang disuguhkan pada acara ini berasal dari Gayo yang disediakan oleh Lilla Kafferosteriet, yakni roastery Swedia yang berkedudukan di Malmo. Fika dinikmati penunjung sambil mengunjungi beberapa meja pameran yang diisi oleh Qatar Airways, Wonderful Indonesia Travel, Lilla Kafferosteriet, Bagusforeningen, serta pengusaha Kopi Flores Indonesia.

Setelah resepsi fika, acara dimulai di dalam aula pertunjukan Folk Mat & Möten yang menyuguhkan elatase keragaman budaya Indonesia melalui tari-tarian tradisional serta pertunjukan musik gamelan. 

Dubes RI Stockholm, Kamapradipta Isnomo dalam sambutannya menyampaikan promosi budaya dan komoditas kopi merupakan cara terbaik dalam memperkenalkan Indonesia dan meningkatkan people-to-people contact. Selain itu, pilihan kota Malmo untuk promosi budaya sangat tepat mengingat Malmo merupakan kota besar yang multikultur dan pusat berbagai perusahaan dan universitas yang terkenal di Swedia yang berbatasan dengan Denmark. 
Sedangkan Ms. Carina Nilsson, ketua Dewan Kota Malmo dalam sambutannya menyambut kegiatan budaya Indonesia di Malmo yang dapat menjadi jembatan bagi pertukaran budaya antara Swedia dan Indonesia. Menurutnya, semboyan Indonesia, unity in diversity dapat diterapkan juga di Malmo mengingat Malmo adalah kota dengan masyarakat multikultur yang sangat terbuka tidak hanya terhadap ide-ide baru dan kegiatan bisnis namun juga terhadap orang-orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda.

Berbagai tari tradisional seperti tari Medley Wonderful Indonesia, Tari Tor-tor, Tari Janger, Tari Jaipong, Tari Kipas, dan Burung Enggang ditampilkan oleh Bagusforeningen yang merupakan asosiasi persahabatan Swedia-Indonesia yang berdomisili di kota Malmö. Selain itu juga terdapat penampilan musik gamelan yang dipersembahkan oleh Bilawa Ade Respati yang merupakan seniman Indonesia yang saat ini sedang berkiprah di Eropa. Bilawa dan tim menampilkan dua pertunjukan yakni gamelan klasik dengan instrumen minimalis dan gamelan kontemporer yang mampu membius para tamu undangan dengan alunan ketukan dan harmonisasi musik kontemporer yang merdu dari gamelan yang dimainkan.

Qatar Airways dan Wonderful Indonesia Travel merupakan sponsor utama yang mempersembahkan hadiah utama yakni dua tiket pesawat pulang-pergi Swedia-Indonesia serta dua voucher akomodasi untuk menginap gratis selama delapan malam di Bali. Antusiasme semakin memuncak ketika para tamu berlomba meraih peluang memenangkan hadiah-hadiah istimewa tersebut dengan mengikuti kontes foto selama acara berlangsung yang harus mereka unggah pada akun media sosial. 

Terdapat tiga orang pemenang yang memenangkan hadiah utama yaitu pemenang pertama adalah Ms Carmen yang mendapatkan hadiah utama satu tiket perjalanan Swedia-Indonesia dari Qatar Airways dan Voucher menginap selama 8 malam di Bali dari Wonderful Indonesia Travel, kemudian pemenang kedua adalah Ms Eva yang berhak mendapatkan satu tiket perjalanan Swedia-Indonesia, sedangkan pemenang ke tiga yakni Ms Yixuan mendapatkan voucher menginap selama 8 malam di Bali. 

Malam budaya Indonesia tersebut berlangsung meriah dan testimoni para pengunjung yang hadir menyatakan ketertarikannya untuk mengunjungi Indonesia setelah menyaksikan keragaman dan keunikan budaya Indonesia tersebut. 

 

Artikel Terkait