Nasional

Gandeng WSBK, PNM Berikan Bantuan Alat Pengadaan Air Bersih di Pesisir IKN

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 30/10/2023 16:44 WIB

Foto: Kaltimpost

Jakarta, INDONEWS.ID - Berikan manfaat pada sektor ekonomi, sosial serta lingkungan di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN). PT Permodalan Nasional Madani (PNM) cabang Balikpapan bersama PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) menyerahkan bantuan berupa alat pengadaan air bersih di kawasan Jl Datuk Nondol dan Sukaraja Kecamatan Sepaku (PPU), Kamis (26/10) kemarin.

Pemimpin PT PNM Cabang Balikpapan Syafri Rinansyah mengatakan, kegiatan ini merupakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bersama WSBP dalam bakti Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Program pengadaan air bersih ini, seperti yang kita ketahui bersama sebagai dampak dari kemarau yang berkepanjangan hingga saat ini,” kata Riri sapaan akrab Syafri Rinansyah.

Bantuan tersebut sengaja diprioritaskan untuk masyarakat Kecamatan Sepaku. Pasalnya, kurang lebih terdapat 1000 nasabah binaan PNM khususnya di Desa Sukaraja dan kawasan Jl Datuk Nondol. Selain itu, untuk meningkatkan kecerdasan anak – anak di kawasan itu, PNM secara pribadi juga memberikan bantuan berupa Ruang Pintar Darul Ibadah di Jl Desa Bukit Raya, Sepaku. Di situ, anak – anak nasabah binaan PNM mendapatkan pelajaran tambahan atau les belajar secara daring.

“Fasilitas yang diberikan selain kelas. Juga ada meja, wi-fi, laptop serta satu guru tenaga pengajar. Supaya mereka bisa belajar daring mulai tingkat Paud, TK hingga SD,” jelasnya.

Disinggung terkait sinergitas pembangunan IKN, Riri menjelaskan, sebagian besar kiprah PNM bergerak dalam bentuk pemberdayaan. Artinya, banyak masyarakat prasejartera yang membutuhkan bantuan modal usaha untuk meningkatkan ekonomi keluarganya.

“Kami memiliki satu titik kantor di Sepaku untuk melayani nasabah – nasabah binaan di lingkungan sekitar,” ucapnya.  

Tujuan PNM sendiri memberdayakan masyarakat lokal, agar bisa tumbuh menjadi lebih produktif. Tentu, dengan adanya IKN. Pertumbuhan populasi di sekitar pesisir IKN secara otomatis akan bertambah. Maka dari itu, PNM hadir untuk memberikan bantuan finansial, yang terpenting ada niat dan usaha. PNM siap hadir dalam memberikan pembiayaan dan pendampingan sampai nasabah tersebut sukses.

“Disitulah nasabah binaan bisa berusaha secara produktif. Misalkan, membuka usaha warung makan hingga sembako untuk meningkatkan ekonomi keluarga mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Manager Community Development PT WSBP Risti Sukwini menambahkan, pembangunan IKN merupakan proyek pembangunan besar. Tentu, sejalan dengan pembangunan itu, WSBP juga ikut terlibatan dalam menyupplai beberapa kegiatan di IKN.

“Itulah salah satu alasan kami memilih Kalimantan khususnya Kaltim. WSBP akan terus men-support dalam bentuk CSR. Dan beberapa CSR itu sudah tersalurkan. Contohnya kemarin penanaman bibit mangrove di Kawasan Pulau Balang PPU,” tuturnya.

Adapun alasan khusus dari kegiatan CSR ini. Agar seiring dengan program milik WSBP yakni Inspring Kindness. Dengan rekaman jejak CSR yang sudah disalurkan di Kalimantan. Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini menunjukkan langkah positif WSBP dari kegiatan 17 Sustainable Development Goals (SDGs). Salah satunya, infrastruktur, clean water hingga life online.

“Diharapkan CSR WSBP dan PNM ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat luas, khususnya untuk di pulau Kalimantan,” pungkasnya. (Kaltim Post)

Artikel Terkait