Nasional

PNM Cabang Surabaya Gelar PKU bagi Nasabah "Klaterisasi Sektoral Tape Balok"

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 01/11/2023 09:37 WIB

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Surabaya melalui Divisi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan pelatihan pengembangan kapasitas usaha (PKU) bagi nasabah. 

PKU bertajuk "Klaterisasi Sektoral Tape Balok" itu dihadiri oleh 30 nasabah PNM Mekaar yang tersebar di Kec. Sukorejo, Pasuruan, Jawa Timur dan dihadiri oleh Fahmi Tibyan selaku pemateri, Suud selaku Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Sukorejo dan Irfan Ardianto selaku Pemimpin PT. PNM Cabang Surabaya.

Pelatihan dan pendampingan kerja PNM ini adalah wujud membangun hubungan emosional dan memberikan pendampingan usaha kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak kepada kemajuan usaha yang dijalankan oleh nasabah PNM Mekaar.

"Pelatihan ini bertujuan mendorong para nasabah PNM agar dapat meningkatkan pengetahuan tentang olahan tape balok terutama mengenai pengemasan yang baik dan benar," ujar Suud.

Kemudian peserta juga didampingi untuk belajar teknik tape balok sehingga menjadi produk yang bagus, sehat, dan bergizi. Selain itu tujuan utama dari pelatihan ini adalah bisa memperluas pemasaran usaha peserta agar dapat masuk ke dalam pasar lokal, nasional, dan online yang bisa menambah kesejahteraan keluarga sehingga nasabah PNM naik kelas.

"Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dari tiga modal PNM. Dalam mendukung pertumbuhan ultra mikro dan UMKM, PNM memberikan tiga modal yaitu finansial, intelektual dan sosial," terang Irfan Ardianto.

Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif, sedangkan modal intelektual melalui pendampingan antara lain pelatihan, berbagi info dan pengalaman. Sedangkan modal sosial, PNM membangun kepedulian nasabah melalui jejaring usaha dan sinergi bisnis yang mampu membantu percepatan usaha nasabah.*(Selalu.id)

Artikel Terkait