Gaya Hidup

Masyarakat Dukung Pagelaran Pentas Tari `Renggana`

Oleh : rio apricianditho - Sabtu, 04/11/2023 20:50 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Suatu yang langka pentas budaya di era digital, komunitas pencinta seni budaya nasional menggelar pertunjukan seni tari yang dikemas dalam tajuk 'Renggana'. Tak heran bila masyarakat memadati Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), mereka rindu menyaksikan tari tradisional di gemerlapnya Jakarta.

Menjelang malam GKJ mulai ramai dikunjungi masyarakat Jakarta, ada yang membawa keluarga, pasangan muda-mudi, ada juga mereka yang lama tak berjumpa bertemu si gedung yang bersebrangan dengan Pasar Baru. Seperti Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Bayu Megantara dan Pemred indonews.id Asri Hadi, keduanya pernah berada di IPDN Bayu selaku mahasiswa sementara Asri Hadi dosen.

Bayu sendiri datang ke GKJ guna mendukung isterinya yang tergabung dalam komunitas perempuan menari. Pendampingi hidup Kadis Pertamanan ini, ikut tampil di GKJ, isterinya menampilkan tarian kreasi bersama beberapa anggota komunitas.

"Ini kegiatan postif yang harus kita dukung, selama ini kita sulit menemukan budaya tradisional yang dipentaskan di gedung. Saya senang ada komunitas yang mengusung budaya lokal", ujarnya saat bicara dengan mantan dosennya di IPDN.

Baginya, kegiatan positif pendamping hidupnya adalah kegiatan yang baik dan bermanfaat bagi si isteri dan juga dirinya. Meski kerap latihan, segala kebutuhan di rumah tak ditinggalkan. Latihan seusai kewajiban sebagai seorang ibu tak ditinggalkan isterinya.

Menurutnya, kehadiran dirinya di GKJ adalah bentuk dukungan dirinya dengan kegiatan isterinya. "Saya hadir di sini untuk mendukung isteri saya tampil di GKJ, dia akan menari kreasi bersama kawan komunitasnya", tambah Bayu.

Harapannya, dengan adanya komunitas Perempuan Menari, budaya leluhur kita hilang begitu saja digerus arus globalisasi. Semoga pentas ini menimbulkan keinginan kaum muda kembali berbudaya, paling tidak menari tarian tradisional asal daerahnya. Dan juga pentas budaya ini bagian dari mengenalkan kembali tari tradisional di kalangan generasi muda.

Artikel Terkait