Gaya Hidup

Renggana Kolaborasi Tari Tradisional, Marina: Ingin Perempuan Indonesia Menari

Oleh : rio apricianditho - Sabtu, 04/11/2023 23:59 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Komunitas Perempuan Menari menggelar pertunjukan tari dari berbagai daerah, kolaborasi antar penari saling melengkapi meski kelompok satu dan yang lain berbeda tarian. Menurut ketua panitia, pentas ini tanpa memandang umur dan latar belakang, tapi hanya ingin perempuan Indonesia menari.

Hal itu diungkap ketua panitia Marina Joice usai pertunjukan di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Jakarta. Puluhan wanita dari berbagai usia memperlihatkan keahliannya dalam mengolah gerakan di hadapan ratusan penonton. Tampak hadir penggiat budaya Jaya Suprana dan Pemred indonews.id Asri Hadi, serta pejabat dari lingkungan Pemda DKI.

Menurutnya, komunitas ini tanpa melihat bisa atau tidak bisa menari, mereka hanya ingin semua perempuan Indonesia kembali ke akar budayanya. Anggota komunitas terdebut memiliki latar belakang yang berbeda, ada PNS, pegawai swasta, ibu rumahtangga, mahasiswa, dan profesi lainnya.

Sementara kegiatan Perempuan Menari selain latihan rutin, mereka juga sering diundang mengisi acara di kantor pemerintahan. Bahkan di setiap ada gelaran budaya anggota komunitas ini ikut ambil bagian, mengisi acara dengan tarian tradisional.

Jaya Suprana selaku penggiat budaya, kagum dengan penampilan para anggota Perempuan Menari. Saking bangganya dengan pertunjukan yang ditampilkan, ia meminta beberapa pihak untuk menjadikan Perempuan Menari sebagai duta budaya yang siap mempromosikan budaya nusantara ke manca negara.

Keinginan tokoh budaya itu disambut baik Marina, menurutnya, melihat performa yang selama ini ditunjukan anggota komunitas memang layak sebagai duta seni. Tampil di publik menjadi hal yang biasa bagi para anggota. Mereka siap kapanpun dikirim ke manca negara untuk mengenalkan budaya nusantara.

Ia pun berharap, budaya Indonesia itu kayak akan bentuk tariannya, itu suatu hal yang tidak mustahil untuk wanita Indonesia, umumnya mereka bisa melakukan hal itu. Jangan pernah merasa tidak bisa menggerakan badan, karena menari adalah bentuk rasa, bentuk cinta wanita Indonesia dengan budaya. Dan berharap anak muda Indonesia ikut melestarikan budaya, kalau bukan kita siapa lagi.

Artikel Terkait