Nasional

BNPP Koordinasi TNI-Polri dan Masyarakat dalam Pengawasan Jalur Tikus di Perbatasan Negara

Oleh : very - Kamis, 14/12/2023 17:46 WIB

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, melaksanakan kunjungan kerja ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Rabu (13/12). (Foto: Ist)

Bengkayang, INDONEWS.ID - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, melaksanakan kunjungan kerja ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Rabu (13/12).

Kunjungan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan.

Selain itu, kunjungan tersebut juga terkait dengan usul peresmian 5 PLBN baru di berbagai provinsi, antara lain PLBN Serasan di Kabupaten Natuna (Kepulauan Riau), PLBN Sei Nyamuk di Kabupaten Nunukan (Kalimantan Utara), PLBN Napan di Kabupaten Timor Tengah Utara (Nusa Tenggara Timur), dan PLBN Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel (Papua Selatan).

"Dari kesiapan, Pos PLBN Jagoi Babang ini sudah cukup siap dan juga cukup representatif, bagus sekali bangunannya," ujar Tito seperti dikutip dari siaran pers Humas BNPP.

Mendagri Tito Karnavian, selaku Kepala BNPP, melakukan pengecekan final jelang peresmian tapal batas tersebut. Dia juga menekankan pentingnya koordinasi antara BNPP, TNI, dan Polri dalam mengawasi jalur tikus di daerah perbatasan.

"Pasti kami koordinasikan dengan teman-teman TNI/Polri. Akan tetapi, TNI/Polri tidak bisa menjaga semua jalur tikus itu. Kekuatan personelnya tidak akan cukup sehingga memerlukan bantuan masyarakat," katanya.

Meski TNI dan Polri terlibat dalam pengawasan, bantuan dari masyarakat dianggap penting untuk memaksimalkan upaya pengawasan.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara (BNPP), Robert Simbolon, yang hadir mendampingi Mendagri, beserta Deputi IV Kemenkopolhukam dan Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan  BNPP dengan sejumlah pejabat, dari Jakarta menjelaskan, Pihak BNPP sendiri telah melakukan observasi terkait jalur tikus, khususnya di Kalimantan Barat.

Pada tahun 2020, kata Robert, pihaknya telah menemukan 29 titik perlintasan tidak resmi di Kabupaten Sambas dan Bengkayang.

Pada tahun 2022, BNPP menemukan 25 titik jalur tikus di Kabupaten Sanggau. Observasi tahun 2023 di Kabupaten Kapuas Hulu menemukan 24 jalur tikus, ditambah 3 titik jalur baru.

"Salah satu kerawanan jalur darat Indonesia itu, ya, terutama di Kalimantan dan di Papua Nugini itu banyak jalur tikusnya, dan itu rawan," ujar Robert.

Robert mengakui bahwa jalur tikus merupakan salah satu kerawanan di perbatasan darat, terutama di Kalimantan dan Papua Nugini.

Perlu dicatat bahwa upaya peresmian dan pengawasan ini merupakan bagian dari strategi pemerintah dalam mengoptimalkan pengelolaan perbatasan negara.

Dengan kunjungan ini, diharapkan PLBN Jagoi Babang dapat segera diresmikan dan beroperasi penuh untuk melayani masyarakat yang melintas di perbatasan Indonesia-Malaysia. (Humas BNPP)

Artikel Terkait