Daerah

Pj Bupati Maybrat Hadiri Pelantikan Anggota MRP Provinsi Papua Barat Daya Tahun 2023-2028

Oleh : luska - Kamis, 14/12/2023 19:39 WIB

Maybrat, INDONEWS.ID - Kamis 14 Desember 2023 di Hotel Aston Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Pj. Bupati Maybrat menghadiri langsung acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota MRP Provinsi Papua Barat Daya masa jabatan 2023 - 2028 yang dipimpin langsung oleh wakil menteri dalam negeri. 

Dalam kegiatan yang di hadir oleh Pj. Bupati Maybrat  mulai dari prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan periode 2023 - 2028 samapai dan seluruh rangkaian prosesi acara. 

Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota MRP Provinsi Papua Barat Daya, Wamendagri menjelaskan bahwa kehadiran MRP merupakan implementasi kebijakan dari Otonomi Khusus di tanah Papua berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus.

" Setelah bapak ibu dilantik secara resmi berarti sudah bisa kerja. Oleh karena itu sebelum bekerja saya berpesan kepada Pj. Gubernur Papua Barat untuk melakukan pengenalan terlebih dahulu. Saya berharap ada nilai yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya untuk MRP," terang Wamendagri.

MRP mempunyai peran strategis dalam memperjuangkan dan melindungi hak-hak Orang Asli Papua (OAP) peran tersebut ada dalam kewenangan yang dimiliki oleh MRP.

Tantangan untuk lima tahun ke depan tentunya sangat berat dan kompleks, banyak hal perioritas yang harus dikerjakan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan di Papua Barat Daya yang merupakan otonomi baru. 

Menurutnya, MRP harus ikut terlibat dalam proses seleksi khususnya calon gubernur dan wakil gubernur, sehingga pemimpin yang terpilih nantinya bisa menjalankan pemerintahan di Provinsi yang baru dengan baik.

Anggota MRP yang baru saja dilantik berasal dari latar belakang yang beragam maka diperlukan persamaan konsepsi dan pemahaman terhadap tugas serta hak dan kewajiban agar mampu mengemban tugas sebagai anggota MRP.

Bagi anggota MRP yang baru dilantik perlu diberikan orientasi serta pendalaman tugas dalam rangka peningkatan kapasitas dan pemahaman jadi pemerintah Papua Barat Daya bisa memfasilitasi Bimbingan Teknis sebagai bekal untuk anggota MRP dalam menjalankan tugasnya

Artikel Terkait