Nasional

Kemitraan Kelembagaan dalam Pelatihan Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Gelar Koordinasi Kemitraan

Oleh : luska - Rabu, 20/12/2023 14:08 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID —  Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan gelar Rapat Koordinasi Kemitraan Penyelenggaraan Diklat Pusdiklat Tekfungan Badiklat Kemhan TA. 2023 di Pusdiklat Tekfunghan Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Rapat Koordinasi Kemitraan Penyelenggaraan Diklat Pusdiklat Tekfungan Badiklat Kemhan TA. 2023 ini
dipimpin langsung oleh Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Endang Purwaningsih.

Koordinasi kemitraan yang bertujuan untuk memperkuat kemitraan antar kelembagaan penyelenggaraan kegiatan Latsar maupun kegiatan lain yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Tekfunghan.

“Hari ini kita mengumpulkan mitra dari kementerian dan lembaga dalam rangka memperkuat kemitraan baik dalam penyelenggaraan kegiatan Latsar maupun kegiatan lain yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Tekfunghan,” jelas Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, kepada awak media usai memperlihatkan ruang ruang Diklat pelatihan.

Dikatakan Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Endang Purwaningsih, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Fungsional Pertahanan (Pusdiklat Tekfunghan) merupakan salah satu Pusdiklat di jajaran Badiklat Kemhan yang terakreditasi oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI untuk menyelenggarakan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS dan Diklat Teknis Bidang Pertahanan.

Sebagai Lembaga Diklat terakreditasi,  lanjut Endang Purwaningsih, juga berhak memfasilitasi penyelenggaraan Latsar CPNS, Diklat Teknis dan Diklat Fungsional lainnya bagi pegawai Kementerian/Lembaga lain.

Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Endang Purwaningsih berharap kedepan kemitraan ini terus terjaga lebih banyak lagi Kementrian dan Lembaga yang bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan khususnya di Badiklat Tekfunghan.

Sebagai informasi, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Fungsional Pertahanan (Pusdiklat Tekfunghan) merupakan salah satu Pusdiklat di jajaran Badiklat Kemhan yang terakreditasi oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI untuk menyelenggarakan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS dan Diklat Teknis Bidang Pertahanan.

Diklat terakreditasi, selain memiliki kewenangan menyelenggarakan Diklat juga berhak memfasilitasi penyelenggaraan Latsar CPNS, Diklat Teknis dan Diklat Fungsional lainnya bagi pegawai Kementerian/Lembaga lain. Pusdiklat Tekfunghan menginisiasi Kerjasama Pendidikan melalui sosialisasi kepada instansi Kementerian/Lembaga agar dapat memfasilitasi penyelenggaraan Diklat melalui Kerjasama dengan Kementerian dan Lembaga lain.

Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya selain mengembangkan program Diklat yang bersifat internal organisasi Kemhan, juga menyelenggarakan program diklat yang terstandardisasi oleh instansi pembinanya. Penyelenggaraan Diklat terstandardisasi bertujuan kompetensi lulusannya tersertifikasi dan sangat dimungkinkan diikuti oleh pegawai instansi K/L lain secara swadaya.

Jenis-jenis Program Diklat yang terstandardisasi oleh K/L lain selaku instansi pembina yang pernah dilaksanakan di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan berpengalaman dan mendapat kepercayaan memfasilitasi penyelenggaraan Latsar CPNS bagi pegawai K/L lain. Salah satu yang melatarbelakangi kepercayaan tersebut adalah adanya pengayaan dengan materi Kemhan dalam diklat, sehingga lulusan memiliki kekhasan berkarakter bela negara.

Saat ini Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan terus berbenah untuk melaksanakan transformasi digital dalam pelayanan kediklatan melalui pembangunan smartclass, dan pembangunan sistem untuk Diklat berbasis IT seperti Cyber Defence, Big data Analysis, dan Diklat lain berbasis IT atau komputer. Dengan plaform ini dalam Pembelajaran diklat diselipkan unsur multimedia, simulasi dan skenario virtual. Pembelajaran berbasis digital diharapkan dapat menciptakan suasana pelatihan yang dinamis, serta meningkatkan pemahaman dan retensi informasi bagi peserta. Manfaat lain yang diperoleh dari penerapan plattform digital ini adalah memungkinkannya dilakukan evaluasi secara realtime berupa umpan balik secara langsung kepada peserta dan penyesuaian cepat terhadap kurikulum pelatihan.

Pada tahun 2024 nanti akan diselenggarakan 11 program pelatihan Teknis dan Fungsional, serta 3 Workshop dan Latsar CPNS dengan mekanisme pembiayaan PNBP. Melalui program diklat tersebut selain untuk meningkatkan kompetensi pegawai Kemhan dan TNI, juga dapat dilaksanakan Kerjasama Diklat bagi pegawai di kementerian/Lembaga maupun pemerintah daerah.
Pusdiklat Tekfunghan akan senantiasa menjaga komitmen kami untuk siap memfasilitasi kerja sama penyelenggaraan Diklat/pelatihan di Pusdiklat Tekfunghan di tahun 2024 dan selanjutnya.

 

Artikel Terkait