Nasional

Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Bekerja Sama dengan LAN RI dan BRIN Buka Workshop Karya Tulis Ilmiah

Oleh : luska - Selasa, 31/10/2023 09:41 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID – Sesbadiklat Marsma TNI Ir. Wajariman, M.Sc., mewakili Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Tandyo Budi R., S. membuka workshop tentang Karya Tulis Ilmiah (KTI) di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan Jalan Salemba, Jakarta, Senin (30/10).

Kegiatan workshop ini merupakan kerjasama antara Badiklat Kemhan dengan pejabat Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini, diikuti oleh 25 orang personel Kemhan dan TNI.

Dalam sambutannya, Kabadiklat menyampaikan bahwa pengembangan sumber daya manusia (SDM) kini tengah menjadi prioritas pembangunan pemerintah dalam beberapa tahun ke depan.

Beragam program pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM terus dikembangkan guna meningkatkan daya saing bangsa.

Pentingnya diklat dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang handal, terampil dan siap kerja guna menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks.

Pengembangan kompetensi SDM Kemhan/TNI juga terus dilakukan secara berlanjut dan berkesinambungan, salah satunya mengikutsertakan dalam Diklat, seminar maupun workshop.

Menyikapi hal tersebut Badiklat Kemhan melalui Pusdiklat Tekfunghan, salah satunya telah menyiapkan workshop KTI yang dianggap sesuai dengan tuntutan kebutuhan organisasi, sehingga pegawai yang mengawaki Kementerian Pertahanan dan TNI memiliki kompetensi dan kemampuan dalam penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar.

Secara aplikatif KTI digunakan untuk memberikan gambaran permasalahan secara jelas, sekaligus memberikan solusi terhadap permasalahan organisasi, yang dapat dijadikan sebagai sumber referensi kebijakan pimpinan Satker maupun organisasi Kemhan/TNI.

Diharapkan melalui kegiatan ini para pejabat fungsional memiliki kemampuan membuat karya tulis ilmiah yang berkualitas, sehingga dapat berkontribusi positif baik terhadap penetapan kebijakan, pengambilan keputusan dan pelaksanaan program kerja serta meningkatkan kualitas pelayanan instansi pemerintah.

Karya Tulis Ilmiah (KTI) merupakan tulisan yang menggunakan metodologi ilmiah, disusun secara sistematis, terdokumentasi dan merupakan media komunikasi penyampaian ide dan gagasan.

Kemampuan menuangkan ide dan gagasan serta analisis kebijakan yang tajam dan mendalam merupakan salah satu parameter kompetensi bidang jabatan fungsional.

Salah satu kebijakan pengembangan kompetensi pegawai adalah memberikan ruang bagi pejabat fungsional meningkatkan kemampuannya di bidang penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI).

Pejabat fungsional kerap dipacu untuk berkontribusi aktif menyampaikan ide-gagasan dalam bentuk tulisan.

Oleh karena itu, penting kiranya membangun iklim kerja yang didukung oleh upaya peningkatan kompetensi pejabat fungsional dalam menghasilkan Karya Tulis Ilmiah.

Melalui workshop ini, kemampuan untuk merencanakan, menulis sampai dengan mempublikasikan karya tulis ilmiah akan menjadi modal penting bagi peserta untuk melaksanakan tugas jabatannya.

Pejabat fungsional berkemampuan menulis karya tulis ilmiah akan memberikan kontribusi positif dalam perencanaan kebijakan, pengambilan keputusan dan pelaksanaan program kerja instansi.

Materi workshop Karya Tulis Ilmiah diberikan oleh Pejabat Eselon II dan para Pejabat Fungsional Widyaiswara dari Lembaga Administrasi Negara (LAN RI), Pejabat Fungsional Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan Widyaiswara Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan.

Metode pembelajaran dalam workshop dengan menggunakan metode klasikal antara lain ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik dan penugasan.

Materi Workshop Karya Tulis Ilmiah (KTI) sebanyak 76 jam. Pelatihan terdiri dari Building Learning Commitment, Konsep dan Kebijakan Penyusunan KTI bagi Jabatan Fungsional Tertentu, KTI dalam Pengembangan Profesi Jabatan Fungsional Tertentu, Jenis-Jenis Karya Tulis Ilmiah, Pengelolaan dan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah, Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Laboratorium Penyusunan Karya Tulis Ilmiah, Publikasi Hasil Laboratorium Karya Tulis Ilmiah, Seminar Karya Tulis Ilmiah, Review Pelatihan Penyusunan KTI bagi Jabatan fungsional, dan Evaluasi Penyelenggaraan Workshop KTI.

Turut hadir pada upacara pembukaan tersebut Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemhan atau yang mewakili, para Kapusdiklat Badiklat Kemhan atau yang mewakili, tamu undangan, dan peserta Diklat serta para pejabat di lingkungan Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan.

Artikel Terkait