Nasional

Hadirkan Wapres Iran, KemenPPPA Eksplorasi Gerakan Mekaar PNM

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 23/12/2023 14:51 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) melakukan kunjungan ke Markas PT Permodalan Nasional Madani (PNM) di Menara PNM pada Kamis (21/12). Dalam kunjungan ini, KemenPPPA menghadirkan Wakil Presiden Republik Islam Iran Dr. Ensieh Khazali.

Sang Wapres yang ditemani Menteri PPPA Bintang Puspayoga disambut Direktur Utama PNM Arief Mulyadi yang turut menyambut sebagai tuan rumah.

Giat ini bertujuan untuk mengeksplorasi gerakan Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang merupakan program milik PNM yang memiliki fokus dalam memberikan pembiayaan dan pendampingan untuk perempuan prasejahtera di Indonesia.

Menteri PPPA juga menyetujui fakta tersebut dan itulah alasan PNM Mekaar tetap tumbuh walaupun umurnya masih cukup belia.

Membagikan cerita tentang perempuan di Iran, Ia membeberkan bahwa 60% yang menamatkan sarjana adalah perempuan. Ia berharap ada kerjasama selanjutnya dari kunjungan ke PNM ini karena momentum kunjungan telah memberikan inspirasi pemberdayaan perempuan di Iran.

Wapres Iran terpantau membatik dengan canting bersama para nasabah PNM. Dia menyuarakan pemberdayaan dan kesejahteraan perempuan di Iran.

Membina kurang lebih 15 juta nasabah aktif, Arief memaparkan tentang keunikan Mekaar yang membuktikan melalui formula group lending dengan target perempuan, menjadi sebuah keberhasilan yang dapat mendorong ekonomi kerakyatan terus tumbuh.

“Di Iran juga yang perempuan yang menerima pinjaman kami akan jauh lebih baik dalam mengembalikan pinjaman yang kami berikan,” ucap Wapres Iran menanggapi pemaparan tersebut.

Arief juga menambahkan bahwa sama dengan pandangan Ensieh, PNM melihat adanya potensi yang sangat besar dalam peranan perempuan yang memiliki kapasitas usaha untuk memajukan bangsa.

Menjadi badan permodalan berbasis group lending terbesar di dunia, PNM berharap dapat terus menjadi inspirasi dan berkolaborasi untuk mengembangkan program Mekaar agar senantiasa menjalankan komitmennya dalam memberikan 3 modal utama yakni modal finansial, sosial, dan intelektual.*

Artikel Terkait