Nasional

PNM Lampung Gelar Program PNM Peduli untuk Masyarakat Luas

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 13/01/2024 10:44 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Pemodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Lampung terus mengambil peran aktif dalam meningkatkan kesejahteraan nasabah dan masyarakat. Dengan fokus pada dua produk utamanya, Mekaar untuk usaha ultra mikro dan Ulamm untuk usaha mikro, PNM menerapkan strategi berkesinambungan untuk memberdayakan kelompok prasejahtera, khususnya perempuan.

Menurut Puji Riyanto, Pemimpin Cabang Lampung, PNM memberikan perhatian khusus pada nasabah ultra mikro perempuan melalui produk Mekaar. "Produk Mekaar ini kita tujukan bagi keluarga prasejahtera yang 100 persen terdiri dari perempuan. Kami memberikan pembiayaan dan pendampingan bisnis melalui pertemuan kelompok dan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU)," ungkap Puji.

 

Seiring dengan perkembangan usaha, nasabah Mekaar memiliki peluang untuk naik kelas dan menjadi nasabah Ulamm. "Setelah naik kelas, nasabah Mekaar bisa beralih menjadi nasabah Ulamm dengan pembiayaan yang lebih besar, namun pendampingan bisnis tetap kami lakukan," tambah Puji.

Dalam upaya memberdayakan masyarakat lebih luas, PNM Cabang Lampung membuka pintu kemitraan dengan berbagai stakeholder, termasuk perguruan tinggi dan komunitas produktif. Puji menjelaskan, "Kami bermitra dengan forum Peningkatan Kapasitas UMKM di Kabupaten Karawang untuk pengembangan produk lokal Lampung, serta berupaya memperluas jaringan pengembangan produk binaan kami."

 

PNM Lampung tidak hanya fokus pada pembiayaan, tetapi juga mengangkat produk lokal Lampung. Puji mencatat bahwa saat ini PNM mempromosikan dua produk lokal, yaitu Wedang Jahe dengan Merk Lahang Aren dan Keripik Pisang dengan Merk Asya, hasil dari nasabah Mekaar. Selain itu, PNM Lampung juga turut memberikan bantuan sosial keagamaan sebagai bentuk kepedulian melalui program PNM Peduli.

 

Puji Riyanto menegaskan bahwa PNM Cabang Lampung berkomitmen memberikan modal finansial, modal intelektual, dan modal sosial dalam operasionalnya. "Semua ini dilakukan secara berkesinambungan untuk menjaga kualitas masyarakat pada tiga pilar utama Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs): ekonomi, sosial, dan lingkungan," ujarnya.

Dengan meningkatkan volume pembiayaan dan terus berinovasi, PNM Cabang Lampung bertekad menjadi agen perubahan yang mendorong kesejahteraan masyarakat Lampung. Puji Riyanto menutup keterangannya dengan menegaskan bahwa PNM Cabang Lampung akan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas program PNM Peduli serta pembiayaan pada nasabah, membawa kesejahteraan masyarakat Lampung ke arah yang lebih baik.

 

Artikel Terkait